Ketahanan Windows, Mac OS, dan Linux

Ketahanan Windows, Mac OS, dan Linux, Secara sederhana Sistem operasi seharusnya memberikan kinerja sistem , kecepatan dan keamanan,yang baik pengguna sistem operasi dapat diklasifikasikan men­jadi: Pengguna normal menggunakan Windows, desainer grafis menggunakan Mac OS X milik Apple, dan sistem administrator menggunakan Linux. Walaupun pada akhirnya, semua ini kembali ke masalah selera. Pada artikel ini, CHIP akan melakukan tes perbandingan sederhana antara Windows 7, Mac OS X Snow Leopard, dan Linux Kubuntu untuk menentukan sis­tem operasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Keamanan: proteksi Windows 7.

Dua syarat utama sebuah sistem operasi yang baik adalah kemudahan penggunaan serta hemat resource. Namun, apa gunanya tampilan yang mudah serta kinerja sis­tem yang cepat bila seorang hac­ker dapat mengambil alih komputer de­ngan mudahnya? Untuk itu, pada tes perbandingan ini, CHIP juga menilai faktor keamanan sistem.

Karena masih dominannya penggu­naan sistem ini di dunia, target serangan keamanan yang paling utama masih Windows. Sebaliknya, virus yang menggerayangi Linux maupun Mac OS X bisa dibilang sangat sedikit. Namun, pengguna kedua sis­tem operasi ini jangan merasa aman dulu. Pada kuartal pertama 2009, Microsoft menduduki peringkat pertama dalam serangan keamanan. Sebanyak 39% celah keamanan di Windows bersifat kritis. Sedangkan hanya 18% celah keamanan di Mac OS X yang bersifat kritis. Di Linux sendiri persentasenya mencapai 14%. Dalam situasi seperti ini, hal yang paling penting adalah bagaimana para produsen sistem operasi ini menindaklanjuti celah keamanan tersebut.