Membuat Kolom Komentar

Layanan Blogspot sebenarnya sudah memiliki layanan kotak komentar akan tetapi pada blogspot kolom komentar yang di tampilkan dengan pop-up windows atau dengan kata lain menampilkan halaman baru, hal ini sangat menyulitkan para pengunjung untuk memposting serta untuk kembali pada content blog kita sehingga setelah memposting comentar para pengunjung tidak bisa membaca tulisan lain atau postingan yang lain pada blog kita.
Bagi yang ingin kolom komentarnya berada tepat dibawah postingan, berikut beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menampilkan kolom komentar dibawah postingan anda.

Pertama
Melalui menu yang disediakan oleh blogger, dashboard kemudian setting lalu menuju comment, pada kolom Comment Form Placement, kita pilih Embedded below post.

Kedua
Jika cara pertama tidak bisa, maka kemungkinan template anda tidak support untuk menampilkan kolom komentar tepat dibawah postingan maka, anda perlu menuju halaman Layout lalu ke Edit Html. dan jangan lupa centang expan widgetnya.Coba temukan kode berikut ini:

<p class='comment-footer'><b:if cond='data:post.allowComments'> <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a> </b:if> </p>



Temukan Kode di atas [untuk firefox tekan Ctrl + F aja] ambil sebagian kode, karna kemungkinan ada perbedaan sedikit. Sebagai contoh coba search kata ini:

pada akhir script. Setelah anda teliti dan menemukan keseluruhan script seperti di atas, replace atau gantikan dengan kode berikut:

<p class='comment-footer'><b:if cond='data:post.embedCommentForm'> <b:include data='post' name='comment-form'/> <b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'> <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a> </b:if> </b:if> </p>



Selesai dan Save lihat templet anda lihat perubahan pada kolom komentar anda selamat Mencoba