ANEH : Ketua DPRD Belajar Baca


Kalau begi salah siapa ..?
Lucu sekaligus menggelikan. Demikian suasana yang terjadi saat 25 anggota DPRD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) diambil sumpah janjinya, Rabu (23/9/2009) siang.
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Halbar dalam rangka Peresmian anggota DPRD periode 2009-2014 yang mestinya berlangsung khidmat itu, berubah menjadi riuh dengan gelak tawa para anggota DPRD baru dan ratusan undangan yang hadir.

Kejadiannya terjadi persis saat ketua DPRD sementara, Djalal Fara, membacakan sambutan perdananya usai diambil sumpah janji. Karena gugup dan tegang, dan merupakan pengalaman pertamanya, politisi PDIP itu menyebut kata "sidang dewan yang terhormat" diganti dengan "sidang jumat yang terhormat".

Sontak saja, ucapan itu disambut gelak tawa para hadirin termasuk Bupati Halbar, Namto Hui Roba, yang juga ketua PDIP kabupaten setempat.Bukan hanya sekali salah dengan kata "Jumat", mantan Kadis Pertambangan dan Camat Jailolo itupun, saking gugupnya, seringkali salah membaca teks dan sesekali seperti anak-anak yang masih mengeja huruf.

"Itu memang diluar kesengajaan. Jujur saja saya tegang. Saya hanya berupaya menghilangkan rasa gugup dengan cepat-cepat membacanya, ternyata jadinya malah seperti tadi. Ini pengalaman pertama saya memimpin sebuah rapat atau sidang yang penting seperti ini," ujar pria yang langsung terpilih di Pileg usai pensiun dari PNS itu