tsunami besar terjadi disumatra


seperti yang di rilis Lembaga pemantau tsunami di wilayah pasifik yang berpusat di Hawaii, AS, mengeluarkan rilis mengenai peringatan dini tsunami akibat gempa yang menggetarkan Sumatera. Dalam rilis seperti dimuat Reuters Rabu (30/9/2009) diminta kepada pejabat terkait di lokasi yang berpotensi tsunami untuk mengeluarkan kebijakan untuk memberikan peringatan dan antisipasi dampak tsunami. Aksi itu sebagai respons atas rilis peringatan dini tsunami tersebut.
Gempa Sumatera, kata badan pengawas tsunami ini, bisa berpotensi menimbulkan tsunami lokal dan berpotensi juga menimbulkan tsunami besar yang berjarak hingga kurang dari ratusan kilometer dari pusat gempa di Sumatera.

Beberapa area yang berdekatan dengan pusat gempa ini juga membuat air laut mengalami kenaikan kecil di wilayah pantai.

Selain pusat pemantau tsunami pasifik hal serupa juga dikeluarkan lembaga pemantau gempa di Jepang. Bahkan, tsunami berpotensi terjadi di Samudera Hindia.

"Gempa ini berpotensi menyebabkan kerusakan secara regional di wilayah Samudera Hindia. Tsunami bisa terjadi dalam tempo satu jam di Indonesia dan tiga jam di India, Sri Lanka dan Australia

Sumber http://www.reuters.com/