Cara Pengawasan Penggunaan Internet Untuk Anak Menggunakan Norton Online Family

Cara Pengawasan Penggunaan Internet Untuk Anak Menggunakan Norton Online Family : Kegiatan apa yang tak dilakukan tanpa komputer dan internet di era sekarang? Pekerjaan, sekolah, hingga pertemanan semua terkait dengan teknologi ini. Saat ini, hampir semua informasi dapat dicari dari internet.

Era komputerisasi dan keterbukaan informasi di Indonesia membuat jaringan internet pun tak bisa dibendung lagi memasuki rumah. Bentuk peradaban baru ini berbahaya tanpa adanya filter. Norton Online Family (NOF) berusaha mempermudah cara pengawasan tersebut.

Norton dari Symantec yang menyediakan Norton Online Family (NOF) mempermudah proses pengawasan ini. Meski berformat digital, namun memungkinkan orangtua berdiskusi dengan anak mengenai penggunaan internet.

Jadi, bukan karena mereka bisa tenang dengan mengunduh file lagu, data, atau videoklip, lantas dibiarkan begitu saja. Tetap harus ada aturan di dunia maya dan pembatasan demi kebaikan mereka sendiri.

Maka, tersedia juga tool untuk memblokir situs yang tak pantas untuk dibuka anak-anak. Ada juga tool untuk mengatur berapa lama waktu online anak-anak yang dapat ditolerir. Bagi orangtua di Indonesia tak perlu cemas sebab layanan ini tersedia pula dalam bahasa Indonesia. Orangtua yang sibuk pun tetap dapat memantau anak-anak yang tengah berseluncur internet di rumah. Cukup log in ke situs NOF dan segera terpantau situs apa yang sedang dibuka anak-anak.

Semua ini dapat dilakukan entah melalui komputer atau smartphone. Jika jadwal agenda penuh dan tak sempat mengintip NOF, laporan akan masuk ke email Anda berisi tentang aktivitas anak-anak yang tak diperbolehkan. Nah Mudahkan Mengawasi Kegiatan Online Anak-anak.

Hasil Riset
kerjasama NOF dengan Leading Edge Mengenai Kegiatan Online Anak
Sebuah riset hasil kerjasama NOF dengan Leading Edge, firma riset pasar independen, pada April 2010 menunjukkan hasil mengejutkan. Riset dilakukan pada 499 orang dewasa di atas 18 tahun, di antaranya terdapat orangtua yang memiliki anak berusia 10-17 tahun, serta anak-anak berusia 10-17 tahun.

Secara keseluruhan, anak-anak tak terbuka dengan orangtuanya mengenai akses di internet. Tercatat, 63 persen menyembunyikan aktivasi di internet dari orangtuanya. Anak-anak yang memberi informasi pribadi kepada orang tak dikenal (52 persen), remaja putri memosting foto dan video bugil atau semi bugil di internet (22 persen), korban bullying dan kekerasan di internet (32 persen), membersihkan browser history untuk menghapus jejak mereka selama online dari orangtua (32 persen).

Data Norton mengatakan anak-anak menghabiskan waktu sekitar 40 jam sebulan di internet.

Fitur Norton Online Family
NOF dapat diunduh dan disimpan dalam komputer PC (Windows XP Home atau Professional, Windows Vista 32-bit atau 64-bit) serta Mac (Mac OS X 10.5). Akun keluarga juga dapat dibuat di https://onlinefamily.norton.com/.

Fitur-fitur dalam NOF sudah dirancang sedemikian rupa sehingga orangtua dengan mudah dapat melakukan proses pengawasan.

Web Monitoring & Blocking
Adalah laporan aktivasi yang mudah dibaca. Berisi semua alamat situs yang sudah atau berusaha dikunjungi anak-anak. Anda dapat mengunjungi situs itu dan blok jika tak dikehendaki.

Time Limits
Atur waktu anak-anak di depan komputer supaya tetap memiliki waktu bersosialisasi di dunia nyata. Cara ini juga membuat mereka belajar mengatur waktu. Buat jadwal menggunakan komputer pada jam dan hari tertentu selama satu minggu.

Social Network Monitoring
Teman anak sebaiknya dikenal orangtua. Ini memudahkan pengawasan. Anda dapat mengetahui jejaring sosial mana yang diikuti anak-anak dan bagaimana mereka merepresentasikan diri saat online. Data mengenai nama, usia, dan foto profil adalah bagian yang riskan untuk dibagi dengan orang asing di internet. Jika ada yang tak sreg, Anda dapat menjelaskan dan membimbing mereka.

Chat Monitoring
Apa saja yang dibicarakan bersama teman dapat dicek. Sebab NOF mampu memonitor beberapa layanan chatting utama. Laporan mengenai apa yang dibicarakan anak-anak dan dengan siapa mereka berinteraksi akan masuk ke email Anda. Jadi, jika mereka menjadi sasaran bullying, Anda akan segera tahu.

Search Monitoring
Kata, istilah, dan frase apa saja yang mereka search selama online dapat diketahui pada fitur ini. Secara tak langsung minat anak-anak ketika online jadi dipahami orangtua.

Custom Alerts
Fitur ini akan memberi laporan kepada Anda apa saja yang dilakukan anak-anak saat Anda tak ada di rumah. Laporan otomatis masuk melalui email Anda yang terdaftar di situs NOF. Nah Tunggu Apa Lagi Segera Daftar Disini dan jangan Lupa Baca Artikel Dibawah ini