Keuntungan Bisnis Penjualan Tiket Pesawat Secara Online

Keuntungan Bisnis Penjualan Tiket Pesawat Secara Online : Makin berkembangnya teknologi internet membuat perkembangan bisnis secara online terus berkibar. Salah satu yang kini banyak dibidik adalah bisnis penjualan tiket perjalanan secara online. Bisnis penjualan online saat ini berkembang pesat. Dan terus terang ini juga mengancam eksistensi travel agent konvensional apabila kita tidak mengantisipasinya.

dengan penjualan konvensional margin yang didapatkan pengusaha bisnis agen perjalanan dan wisata cukup tipis, padahal operational cost-nya cukup besar. Kalau pemain bisnis online kan pengeluarannya tidak terlalu besar karena tidak perlu mempunyai kantor. Itu untungnya.

bisnis perjalanan adalah bisnis jasa dimana konsumen akan lebih suka bertatap muka langsung dengan penyedia layanan. Karena itu saya yakin konsumen akan kembali ke travel agent konvensional, meski bisnis penjualan online tiket terus menjamur.

potensi bisnis penjualan tiket secara online masih cukup besar. Kini mendapatkan teknologi internet tidaklah sulit, di samping itu sudah mulai ada peralihan moda transportasi dari darat ke udara. Karenanya bisnis penjualan tiket pesawat secara online ke depannya akan sangat potensial.

bisnis penjualan tiket merupakan peluang bagi siapa saja yang ingin menambah pendapatannya maupun menjadikan bisnis utama. Kurang lebih konsepnya sama seperti halnya bisnis pulsa telepon seluler.

Bisnis penjualan tiket pesawat secara online memang cukup menggiurkan karena komisinya cukup besar. Komisi tiket pesawat cukup bervariasi antara Rp 20 ribu-Rp 45 ribu per tiket. Untuk beberapa maskapai seperti Mandala, Merpati, Garuda Indonesia dan Lion Air, komisinya dihitung berdasarkan persentase antara 2,5% sampai 4% dari harga tiket.

Sebagai Contoh untuk penjualan tiket online pesawat Lion Air pada low season di MMBC bisa mencapai Rp 1,4 miliar. Sedangkan pada high season bisa mencapai dua kali lipatnya. Sedangkan penjualan tiket pesawat Batavia, Merpati maupun Mandala, rata-rata per hari di kisaran Rp 900 juta untuk low season dan dua kali lipat saat high season.

Meski dari sisi Keuntungan sangat menjanjikan, bisnis ini memiliki banyak pesaing. Saat ini saja ada sekitar 183 bisnis reservasi tiket pesawat di dunia maya. Dari jumlah tersebut hanya 60%-nya yang memiliki kantor. Lainnya hanya mengandalkan pemasaran online,