Facebook Credits Mata Uang Untuk Bertransaksi online

Facebook Credits Mata Uang Untuk Bertransaksi online : Pengelola situs pertemanan, Facebook, punya kabar baru yakni akan meluncurkan Facebook Credits pada September 2010. Meskipun masih dalam tahap uji coba, para pengguna dan pengembang aplikasi telah mengeluarkan berbagai tanggapan. Umumnya mereka menyambut gembira hal itu. Padahal upaya Facebook ini sebenarnya telah dimulai sejak 2009.

Facebook Credits sebenarnya merupakan mata uang dalam bentuk maya namun tetap bisa dipakai bertransaksi online, utamanya untuk gift atau permainan game. Salah satu contoh sederhana yang sejenis Facebook Credits, semisal chip pada permainan Zinga Poker atau uang FV pada permainan Zinga Farmville.

Atau kalau Anda pernah bermaksud mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman di status Facebook-nya. Biasanya Anda digoda untuk menggunakan ikon, gambar, atau virtual gift yang hanya bisa dimiliki apabila si pengucap mempunyai Facebook Credits. Singkatnya, seperti itulah guna Facebook Credits.

Ke depan, Facebook berencana akan meluaskan fungsi Facebook Credits untuk transaksi yang lebih nyata, semisal membeli barang. Pada tahap terbatas, baru bisa digunakan untuk membayar iklan di Facebook. Namun fungsi ini sedikitnya akan menyamai mata uang maya PayPal yang diluncurkan oleh e-Bay beberapa tahun lalu. Bukan tidak mungkin Facebook Credits ini akan menggandeng sejumlah bank agar Facebook Credits bisa lebih berdaya guna.

Facebook Credit ini adalah sebuah pengembangan dari fitur Virtual Gifts dan juga fitur "Like" yang beberapa waktu lalu sempat menuai beragam pendapat dari para pengguna.

"Credit' ini nantinya juga dihubungkan dengan uang di dunia nyata yaitu sebesar $1 untuk 100 credit. Jadi sekarang ketika Anda memberikan "Like" kepada status / note / feed seseorang, Anda juga bisa menggantikannya dengan `credit' yang tentu saja diambil dari dompet Anda.

Dari sisi pergerakan bisnis, Facebook bisa menjadi sebuah marketplace yang sangat besar. Para pengguna bisa jual-beli (pastinya lebih aman daripada FJB Kaskus) secara nyaman dan lebih efektif. Tidak hanya jual beli, Facebook-pun nantinya bisa mendorong periklanan di website mereka agar lebih aktif.

Facebook sudah mengeluarkan petunjuk penggunaannya. Bagi yang berminat memiliki, pengguna diarahkan untuk menuju Payments tab dan mengklik "change" ke "Preferred Currency" untuk menukar mata uang yang digunakan agar bisa dikonversi menjadi Facebook Credits.

Bagi bukan pemkai dolar, maka uang yang digunakan akan dikonversi ke dolar Amerika Serikat terlebih dulu. Setelah itu, setiap 0,10 dolar AS, akan ditukat dengan satu Facebook Credits.

Saat ini baru 19 mata uang dari berbagai negara yangbisa ditukar menjadi Facebook Credits. Mata uang Rupiah tidak termasuk di dalamnya. Dari negara Asia, yang bisa ditukar menjadi Facebook Credits yakni Yen Jepang dan Dollar Hongkong. untuk informasi cara Mendaftar Facebook Credits di sini