Kurs Rupiah Stabil Di Awal Transaksi Hari Ini

Kurs Rupiah Stabil Di Awal Transaksi Hari Ini ; Nilai tukar rupiah pagi ini stabil di level 9.064 per dolar Amerika Serikat (AS) sama seperti penutupan Senin kemarin ditenah beragamnya mata uang kawasan.

Mata uang Asia pagi ini pukul 8:40 WIB bergerak beragam.Dolar Sinpura menguat 0,07 persen, won Korea Selatan menguat 0,07 persen, peso Philipina naik 0,8 persen, serta ringgit Malaysia menguat 0,8 persen. Sedangkan rupee India meemah 0,7 persen, bath Thailand melemah 0,02 persen, yuan Cina melemah 0,04 persen, serta yen Jepang juga melemah 0,3 persen.

Pada transaksi kemarin rupiah kembali melemah terhadap dolar AS mengikuti terdepresiasinya mata uang Asia lainnya. “Pelemahan juga terjadi pada bursa saham lokal setelah indeks naik cukup signifikan dalam sepekan kemarin hingga mencapai rekor tertingginya,” ujar Lana Soelistianginsih, analis ekonomi dari PT Samuel Sekuritas.

Pelemahan ini sidatnya hanya temporer karena aksi ambil untung yang dilakukan oleh para investor asing yang mencatat penjualan bersih sebesar US$ 41 juta pada perdagagnan kemarin.

Pada transaksi kemarin nilai tukar rupiah melemah 22 poin (0,24 persen) ke level 9.064 per dolar Amerika Serikat (AS) dari posisi akhir pekan lalu di 9.042.

Naiknya harga minyak, menurut Lana bisa menjadi faktor positif di pasar Asia hari ini termasuk dengan mata uang lokal. Rupiah hari ini diprediksikan akan menguat tipis di kisaran antara 9.050 hingga 9.055 per dolar AS.