Spesifikasi Pesawat Tu-154 Yang Membawa Presiden Polandia Lech Kaczynski

Spesifikasi Pesawat Tu-154 Yang Membawa Presiden Polandia Lech Kaczynski, Presiden Polandia Lech Kaczynski (61) dan Ibu Negara Maria Kaczynska tewas dalam kecelakaan pesawat, yang jatuh dua kilometer dari sebuah bandara di kota Smolensk, Rusia barat, Sabtu (10/4/2010)Petugas bandara sudah memperingatkan pilot pesawat tipe Tupolev-154 yang membawa Presiden agar tidak mendarat.

Di dalam pesawat kepresidenan terdapat 88 pejabat elite Polandia, terutama para petinggi militer dan Gubernur Bank Sentral Slawomir Skrzypek, dan mantan Presiden Polandia di pengasingan Ryszard Kaczorowski. Para anggota delegasi sedang mendampingi Presiden dalam rangka lawatan kenegaraan atas undangan Pemerintah Rusia.

Tupolev Tu-154 adalah pesawat penumpang dengan 3 mesin jet buatan biro desain Tupolev, Rusia. Tu-154 diberi kode Careless oleh NATO. Tu-154 dirancang untuk menggantikan pesawat penumpang Tupolev Tu-104, Antonov An-10 dan Ilyushin Il-18, dengan kemampuan untuk lepas landas atau mendarat di landasan batu ataupun tanah, terbang diatas ketinggian rata-rata pesawat-pesawat Rusia lainnya serta memiliki kemampuan lepas landas yang baik.

Tu-154 ditenagai oleh tiga mesin kipas turbo Kuznetsov NK-82 yang terpasang di ekor; dua mesin berada disamping badan sementara mesin ketiga berada di tengah dengan intake-nya menyatu dengan sirip vertikalnya (vertical stabilizer / tailfin), yang berbentuk T (t-tail). Konfigurasi ini serupa dengan saingannya Boeing 727 dari Amerika Serikat dan Hawker Siddeley Trident dari Inggris.

Untuk menunjang kemampuannya mendarat di landasan yang kurang mulus Tu-154 dilengkapi 14 roda pendarat bertekanan rendah. Roda pendarat hidung memiliki 2 roda, sementara dua set roda pendarat utama masing-masing memiliki 6 roda (3 pasang / triple-bogie). Seperti umumnya pesawat-pesawat buatan Tupolev lainnya, ruang roda pendarat utama Tu-154 berada disebuah pod yang terletak di belakang sayap (trailing edge).

Tu-154 terbang perdana pada tanggal 4 Oktober 1968, dan pesawat produksi pertama mulai memperkuat armada Aeroflot pada awal tahun 1971. Namun demikian penerbangan komersialnya dimulai bulan Februari 1972. Lini produksi Tu-154 sudah ditutup tahun 2006.

Tu-154 banyak digunakan untuk rute domestik di Rusia dan sebagian negara bagian di bekas Uni Soviet, Eropa Timur dan Iran. Sementara versi militernya umumnya digunakan sebagai pesawat transpor VIP.

Tupolev Tu-154 lebih bertenaga dan sepertinya lebih besar dibandingkan Boeing 727. Namun, kapasitas maksimal Tu-154 adalah 180 orang, sedangkan 727 memiliki kapasitas penumpang hingga 189 orang penumpang, walaupun Tu-154 lebih bertenaga dibanding 727.

Spesifikasi Pesawat Tu-154
* Awak: 3
* Kapasitas: 114-180 penumpang

Dimensi Pesawat Tu-154

* Panjang: 47,90 m (157 kaki 2 inci)
* Tinggi: 11,40 m (37 kaki 5 inci)
* Rentang Sayap: 37,55 m (123 kaki 3 inci)
* Luas Sayap: 201,5 m2 (2168,4 sq ft)
Mesin Pesawat Tu-154

* Tu-154: 3 x turbofan Kuznetsov NK-82, berdaya dorong 93,2 kN (20.950 lb)
* Tu-154M: 3 x turbofan Soloviev D-30KU-154-II, berdaya dorong 103,6 kN (23.380 lb)

Kemampuan Pesawat Tu-154
* Kecepatan maksimum: (Tu-154) 975 km/j (527 knot); (Tu-154M) 950 km/j (513 knot)
* Jarak tempuh dengan bahan bakar maksimum: (Tu-154) 5280 km (2850 nm); (Tu-154M) 6600 km (3563 nm)
* Jarak tempuh dengan beban maksimum: (Tu-154) 3460 km (1870 nm); (Tu-154M) 3900 km (2100 nm)
* Ketinggian maksimum: 12.100 m (39.700 kaki)

Bobot
Pesawat Tu-154
* Kosong: (Tu-154) 43.500 kg (95.900 lb); (Tu-154M) 55.300 kg (121.915 lb)
* Maksimum Take-off: (Tu-154) 90.000 kg (198.415 lb); (Tu-154M) 100.000 kg (220.460 lb)
Sumberhttp://id.wikipedia.org/wiki/Tupolev_Tu-154