Cara Belajar Bermain Saham Lewat Internet

Cara Belajar Bermain Saham Lewat Internet, Tertarik dengan dunia saham? Ingin mencobanya? Jangan terburu-buru, sebaiknya mencoba dulu kemampuan anda bermain saham di bursa saham virtual yang ada di internet. Sebetulnya apa sih bursa saham virtual itu?

Bursa saham virtual adalah bermain saham secara virtual atau lebih mudahnya bermain saham bohong-bohongan. Bohong-bohongan karena uang yang dipakai adalah uang virtual, seperti halnya kalau kita bermain monopoli. Tetapi saham yang diperjual belikan dan nilai-nilai sahamnya adalah nilai sebenarnya. Cukup realistis untuk merasakan untung & rugi dunia bursa saham tetapi tanpa resiko finansial di sisi kita, kecuali membayar pulsa telepon & ISP saja. Ada beberapa situs tempat latihan bermain saham di Internet, diantara sekian banyak situs yang patut dicoba adalah http://www.bursavirtual.com atau http://www.simulasisaham.com

Untuk menggunakan ke dua situs latihan ini, pertama kali yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan diri ke situs tersebut. Pada situs bursa virtual pendaftaran dilakukan secara gratis. Segera setelah selesai mendaftar anda akan memperoleh modal virtual sebesar Rp 100 juta. Dana tersebut lumayan besar dan terasa cukup menyenangkan mempunyai modal awal 100 juta yang dapat dengan bebas dibelikan saham, walau hanya virtual.

Berbeda dengan bursa virtual, pada situs simulasi saham.com kita perlu merogoh kantong & merelakan uang betulan sebesar Rp 50 ribu pada saat pembayaran. Cara pembayarannya sebetulnya tidak terlalu repot, karena uang tersebut dapat dibayarkan melalui klik bca (yang icon nya tersedia di situs tersebut). Jadi kalau sudah punya rekening di bca (baik tabungan atau rekening koran) pembayaran dapat dilakukan dengan mudah. Dengan membayar uang pendaftaran tersebut, maka anda akan memperoleh fasilitas akses internet gratis dari link net (sampai dengan bulan desember 2001). Sayangnya tidak banyak kota-kota di Indonesia yang dapat menikmati akses internet dari Link Net .

Peserta simulasi saham memperebutkan hadiah yang jumlahnya cukup meggiurkan. hadiah pertama Rp 50 juta dan jika bisa menjadi juara pertama selama 3 kali berturut-turut maka berhak atas mobil mercedez A140 . Tetapi karena pesertanya juga cukup banyak agak sulit juga menjadi pemenang pertama, apalagi sampai 3 kali berturut-turut.

Di situs bursa virtual, saham-saham yang dapat diperjual belikan adalah saham-saham yang terdaftar di bursa efek jakarta. Modal Rp. 100 juta dapat langsung dipakai untuk membeli saham-saham pilihan. Pada portfolio dapat dilihat saham-saham apa saja yang sudah menjadi milik anda, dan apakah anda memperoleh laba atau malahan rugi. Jika ingin mengikuti kompetisi (yang tentu saja ada hadiahnya) cukup klik icon kompetisi, maka anda akan langsung terdaftar sebagai peserta kompetisi .

Secara umumnya sebetulnya ke dua fasilitas di situs tersebut cukup menarik. Sialnya akses ke situs tersebut terasa cukup lambat, walaupun kami menggunakan akses Interet yang cukup cepat di daerah. Bisa di bayangkan ternyatadengan akses Internet yang cepat ternyata performance situs tersebut kurang baik, apalagi jika anda membukanya di rumah memakai modem 28 kbps dan akses internet yang alon-alon asal kelakon, jelas anda akan merasa frustasi .

Bagi yang ingin lebih serius bermain saham ,ada baiknya jika mencari informasi tambahan seputar dunia saham di beberapa situs saham dan analisa saham. Situs yang cukup menarik dan membantu antara lain adalah: www.e-bursa.com, www.indofinanz.xom, www.jsxonline.com, www.mainsaham.com, www.indoexchange.com.

Di situs-situs tersebut anda dapat memperoleh harga saham terakhir, dan rekomendasi dari beberapa pialang mengenai saham tersebut (buy, sell, hold). Anda juga dapat melakukan pengecekan terhadap suatu saham (laporan keuangan tahunan, quote detail, keterangan perusahaan, grafik, dll. ) yang bagi orang awam cukup membingungkan . Anda juga dapat berlangganan newsletter tentang pasar bursa & keuangan dari berbagai situs di atas yang akan dikirimkan secara langsung ke alamat e-mail anda.

Jangan lupa untuk membuka beberapa media yang mengulas terutama mengenai ekonomi dan bisnis sebagai bahan informasi. Beberapa media yang dapat dipakai sebagai bahan informasi adalah: www.bisnis.com & www.swanet.con, hanya sebagai tambahan saja, karena sebenarnya di situs-situs yang ada di atas juga memberikan informasi mengenai keadaan ekonomi atau ulasan dari suatu saham/perusahaan.

Nah, sekarang anda sudah siap untuk terjun di dunia saham & bertransaksi secara virtual. Cobalah bermain selama satu atau dua bulan, dan sebagai penambah semangat berkompetisi, adakan pengecekan secara berkala sampai dimana posisi ranking anda. Jika dalam beberapa bulan tersebut hasil yang anda peroleh cukup memuaskan, maka dapatlah dipikirkan untuk lebih serius terjun ke dunia jual beli saham.

Untuk bermain secara serius, anda dapat mendaftarkan diri ke pialang yang ada di Indonesia lewat internet, coba buka beberapa situs: www.sinarmassekuritas.co.id, www.jsxonline.com, www.indofinanz.com, dll, atau anda dapat mendaftarkan diri ke perusahaan seskuritas yang ada di kota anda. Modal awal yang diperlukan untuk bermain saham ini adalah sekitar 2,5 juta sampai 25 juta rupiah.

Sebaliknya jika hasil yang diperoleh dari bermain saham secara virtual kurang menguntungkan, barangkali rencana untuk mencari tambahan dana dari bermain saham patut anda pertimbangkan kembali. Berlatih & membaca berbagai ulasan tentang kondisi pasar bursa, ekonomi makro & kondisi bisnis akan sangat membantu anda agar jangan sampai yang tadinya mau untung jadi buntung. (Artikel Ini Di tulis Oleh : Metta & Onno W. Purbo)