Aneh Sumur Kuno Menyemburkan Susu

Aneh Sumur Kuno Menyemburkan Susu ; Sumur kuno di gunung Xishan, di Kota Guiping, Daerah Otonom Zhuang Guangxi di barat daya Tiongkok tiba-tiba menunjukkan gejala aneh. Pada tanggal 8 April lalu, para wisatawan yang mengunjungi sumur tua berusia seribu tahun itu tiba-tiba dikejutkan oleh cairan putih seperti air susu yang menyembur dari dasar sumur berdiameter 1 meter dan berkedalaman 1 meter itu. Cairan putih berubah menjadi kabut yang menyebar perlahan, dan baru menghilang setelah satu jam. Air sumur kemudian kembali jernih hingga kelihatan dasarnya.

Seorang wisatawan dari Guangdong yang menyaksikan kejadian ajaib itu berkisah, ia melihat kabut membentuk tiga pilar putih dari dasar sumur menjulang ke langit, bagaikan tiga naga, sebuah pertanda baik yang berarti keberuntungan. Gejala aneh itu juga sempat diliput oleh kamera televisi setempat.

Sebenarnya, pancaran air susu ini bukan yang pertama kali. Kisah ini pernah tertulis dalam sejarah dari zaman Dinasti Qing. Selain itu, tokoh nasionalis Tiongkok Sun Yat-sen juga pernah minum teh Xishan di pinggir sumur ini pada tahun 1921. Menurut analisa, cairan putih seperti susu terbentuk dari pembiasan sinar matahari pada gas alam yang mengandung mineral dari dalam sumur.

Analisa lain mengatakan, batu granit yang tersebar di sekitar sumur akan membentuk mineral putih pada permukaannya setelah mengalami pelapukan. Dalam kondisi khusus, mineral itu mengapung dalam air sehingga membentuk cairan seperti susu.

Sedangkan masyarakat setempat percaya, gejala ini adalah penampakan roh Buddha di Gunung Xishan, menjadi pertanda baik. Para petani akan bersuka cita karena cuaca dan curah hujan yang cukup. Negara aman sentosa dan rakyat sejahtera. Semua orang akan mengalami kemujuran.

Nah, Anda percaya yang mana?