Gawat Ada Foto Makam Mbah Priok Rata dengan Tanah

Gawat Ada Foto Makam Mbah Priok Rata dengan Tanah, Pemerintah Provinsi DKI bersikukuh bahwa komplek makam Mbah Priok atau Al Imam Al Arif Billah Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad sudah dipindahkan. Pemerintah Provinsi melalui Pelindo memiliki gambar foto udara areal itu sudah pernah rata dengan tanah.

"Bukan saya tidak hormat. Tadi malam saya menghubungi Pelindo. Dan dinyatakan pada 1997 seluruh makam itu sudah dipindahkan ke Semper. Itu ada foto udaranya, makamnya sudah rata," kata Wakil Gubernur DKI Prijanto.

Hal itu disampaikan Prijanto dalam diskusi Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Kamis 15 April 2010. "Nanti akan kita bawa fotonya dalam rapat".

Menurut Prijanto, pemindahan areal makam juga sudah dilakukan sejak 1995 dan dilakukan kembali pada 1997. Pemindahan makam itu didasarkan atas putusan pengadilan yang menyebutkan lokasi itu milik Pelindo.

"Proses perubahan peruntukan itu juga sudah disetujui DPRD. Karena sudah disetujui, Pelindo membebaskan tanah di Semper untuk lokasi pemindahan makam," ujar mantan Asisten Teritorial Kepala Staf TNI AD ini.

Prijanto menegaskan, apa yang disampaikan itu berdasarkan administrasi dan dokumen yang ada. Maka itu, siang ini sekitar pukul 14.00 WIB akan digelar rapat membahas sengketa makam Mbah Priok.

Sebelumnya, salah satu ahli waris tanah makam Mbah Priok, Habib Salim, meminta Pemerintah Provinsi DKI jangan menyebarkan isu. "jangan bikin isu makam itu kosong, kalau kosong nggak ribuan orang datang," kata Habib Salim dalam diskusi sebelumnya.

Ditambahkan Habib Salim, sepengetahuan dia, yang dipindahkan adalah makam-makam lain di pinggir-pinggir makam Mbah Priok.

Seperti diketahui, dalam bentrokan di komplek makam Mbah Priok, dua anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dilaporkan tewas. Sedangkan sebanyak 130 orang mengalami luka-luka.