Gawat Mobil Tahun 2000 Ke Atas Dilarang Beli BBM Bersubsidi

Gawat ! Mobil Tahun 2000 Ke Atas Dilarang Beli BBM Bersubsidi ;Pemerintah mulai menyiapkan skenario pengalihan subsidi Bahan bakar Minyak, dengan melakukan sistem subsidi tertutup. Direktur Jenderal Migas Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Evita Herawati Legowo menyebutkan salah satu wacana yang muncul adalah melakukan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi terhadap mobil pribadi.

Ia melihat hal ini peru dilakukan karena penggunaan bensin bersubsidi ternyata banyak yang salah sasaran. "Salah satu caranya dengan melihat tahun pembuatan," ujarnya saat menjadi keynote speaker Seminar Hulu Migas di Hotel Nikko pagi ini.

Terdapat usulan untuk membatasi penggunaan BBM untuk kendaraan yang dibuat sebelum tahun 2000. "Jadi di atas tahun 2000 tidak boleh memakai bensin bersubsidi," ujarnya.

Kendaraan akan ditandai dengan menggunakan stiker, bukan dengan smart card seperti yang direnacanakan sebelumnya. "Jadi lebih murah," tuturnya. Penggunaan stiker ini rencananya dilakukan bekerjasama dengan pihak kepolisian.

Skenario lain dalam pengalihan subsidi adalah mengalokasikan BBM bersubsidi hanya pada kendaraan umum saja. "Kalau begini lebih mudah penerapannya," jelasnya.Namun Evita mengingatkan bahwa hal ini masih harus dikonsultasikan dengan DPR. "Tapi tetap kami tidak bisa memutuskan sendiri. Akan dibicarakan dengan DPR," ujar Evita.

Sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Darwin Zahedy Saleh, menyatakan harapannnya agar di tahun 2014-2015 Indonesia bisa bebas subsidi energi sehingga harga keekonomian bisa diterapkan.
peraturan baru,hemat bbm