Hacker musuh Facebook Mati Bunuh diri

StudiVZ Jerman membuat heboh karena didera kasus bunuh diri. Jejaring sosial itu sangat terkenal di Jerman dan merupakan saingan berat Facebook.Baru pada bulan Agustus lalu, Facebook Jerman berhasil menjadi jejaring sosial terbesar di negara itu. User Facebook naik lebih dari 50% dari bulan Maret sampai Juli 2009, dan membawanya memiliki 6,2 juta pengguna unik di Jerman.

Sebaliknya StudiVZ memiliki 4,28 juta pengguna unik, walaupun terus mengklaim memiliki 6 juta anggota yang terdaftar.Beberapa waktu lalu StudiVZ dinilai keamanannya kendor karena jadi korban hacking profil tinggi.

Seorang pria 20 tahun menggunakan perangkat lunak crawler berhasil memanen detail informasi pengguna dari semua situs VZ. Hacker itu berhasil menyalin 48.000 profil hanya dalam empat jam dan menunjukkan aksinya di video YouTube.Namun, hacker itu tidak pandai dalam hal pemerasan. Anehnya ia hanya meminta tebusan 80.000 euro dan mengancam akan menjual informasi itu pada geng di Eropa Timur. Dia datang ke kantor VZ untuk mengambil uang, di mana polisi sudah menunggunya.




Namun cerita lebih tragis menimpannya. Hacker itu dilaporkan bunuh diri di penjara. Dia ditemukan meninggal di dalam sel di pusat penahanan remaja Plotzensee.Pengadilan Berlin tidak memberikan rincian dan hanya mengatakan tahanan itu tidak menunjukkan indikasi ingin bunuh diri.

StudiVZ kini telah mematikan komentar menyangkut insiden itu di blog perusahaan untuk menghindari spekulasi. Namun pengirim komentar menyebut tumpahnya darah itu akibat kesalahan perusahaan.