Penangkapan 5 Tuyul di Menteng, Jakarta Pusat

Penangkapan 5 Tuyul di Menteng, Jakarta Pusat, Ada tuyul ditangkap. Kontan warga tersentak, antara percaya dan tidak. Itulah yang terjadi di Kelurahan Menteng Jaya, Menteng, Jakarta Pusat. Sabtu (10/4) pagi, warga dihebohkan dengan berita tertangkapnya makhluk halus pencuri uang tersebut. Tak tanggung-tangung, kabarnya lima tuyul sekaligus berhasil ditangkap.

Penangkapan tuyul ini berawal dari keresahan warga RW 08 Menteng Jaya, yang acap kehilangan uang dan perhiasan secara gaib. Warga pun curiga bahwa ada seseorang yang ingin mendapatkan kekayaan dengan cara cepat, yakni memelihara tuyul.

Didorong rasa penasaran, sejumlah warga dipimpin Ba`asri, seorang ahli agama, mencoba menangkap tuyul tersebut pada Jumat malam. Dan rupanya berhasil. Sabtu pagi tadi, warga mendapati tuyul. Tak tanggung-tanggung, lima tuyul sekaligus berhasil ditangkap. Menurut warga, tuyul-tuyul itu tertangkap setelah mereka membacakan ayat-ayat Al-Quran.

Lima makhluk halus pencuri uang itu kemudian dimasukkan ke dalam botol kosong dan diamankan di pos rw setempat. Berita ini cepat menyebar. Warga lain pun datang berbondong-bondong untuk melihat daru dekat makhluk yang dikenal kecil dan hitam itu.

Jika dilihat dengan kasat mata, bentuk tuyul tersebut memang tidak terlihat. Hanya, tampak bayangan hitam berbentuk sosok tuyul. Namun jika diabadikan dengan kamera foto, sosok tuyul itu akan terlihat lebih jelas.

Berita tertangkapnya lima tuyul ini pun sampai ke polisi di Markas Kepolisian Sektor Menteng, yang langsung menerjunkan personelnya ke lokasi. Namun, bukan untuk memenjarakan lima tuyul itu. Polisi datang ke Pos RW 08 Menteng Jaya, untuk mengamankan situasi karena warga semakin banyak berdatangan

Kulit Tuyul Berminyak

Tidak semua orang bisa melihat tuyul, makhluk halus yang dikabarkan baru saja ditangkap warga di Menteng karena dituding sering mengganggu. Tak semua orang memang bisa melihat, namun dari penuturan beberapa warga yang bisa melihat sosoknya tak jauh berbeda dengan gambaran yang beredar selama ini.

Katanya kepalanya plontos, tangannya panjang hingga ke kakinya dan saat ditangkap telanjang bulat. Menurut Kiai Ahmad Baduy yang menangkap lima tuyul di Menteng, Jakarta Pusat, tuyul-tuyul itu memiliki warna kulit yang berbeda, ada yang sawo matang dan hitam. Sedangkan tinggi tubuh tuyul antara 30 - 50 cm.

Seorang warga Menteng, Sudirman (31) mengatakan bahwa dirinya pernah melihat tuyul tersebut dan mengambil uang dalam celengannya. "Enam bulan lalu, saat tertidur terbangun karena tangan saya menyentuh tubuh berminyak. Saat itulah saya melihat sosok anak kecil berkepala plontos yang berlari dan kemudian menghilang," jelas Sudirman.

Harapannya dengan ditangkapnya tuyul tersebut tidak membuat warga resah lagi. Namun, Sudirman juga tidak bisa memastikan apakah duitnya diambil tuyul tadi atau bukan. Lima tuyul dikabarkan telah ditangkap Sabtu (11/4/2010) di Menteng, Jakarta Pusat dan disimpan dalma botol yang ditutup kain agar tidak terlepas. Tuyul-tuyul tersebut kini dibawa kediaman Kiai Baduy di Purwokerto.
Sumber ;
http://www.metrotvnews.com
http://megapolitan.kompas.com/