Bapepam Memeriksa Setiap Rekening Bank

Pakar Bisnis Online Bapepam Memeriksa Setiap Rekening Bank , Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) tampaknya ingin menebas tabu rahasia perbankan. Wasit pasar modal ini ingin bisa memeriksa setiap rekening bank yang diduga terlibat kejahatan pasar modal.

Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany mengatakan, pihaknya ingin mendapatkan kewenangan bank sekresi secara penuh. Ini artinya, Bapepam-LK bisa memeriksa rekening seseorang yang belum ditetapkan sebagai tersangka. "Pasar modal itu isinya aktivitas transaksi melalui bank. Kami sulit melakukan pengawasan tanpa ada wewenang itu," ujar Fuad, Kamis (1/4/2010).

Kepala Biro Pemeriksaan dan Penyidikan Bapepam-LK Sarjito menambahkan, banyak kasus pelanggaran dan kejahatan pasar modal yang akhirnya dipetieskan lantaran tak cukup bukti. Maklum, Bapepam-LK tidak bisa membuktikan adanya aliran dana dalam rekening tersangka.

Bapepam sudah memuat kewenangan ini dalam rancangan perubahan undang-undang pasar modal. Namun, permintaan Bapepam ini tampaknya bakal sulit dipenuhi lantaran banyak pihak yang bakal keberatan