Politikus Lesbian jadi Walikota

Politikus Lesbian jadi Walikota, Panggung politik Negeri Paman Sam semakin terbuka bagi kaum liyan. Khususnya, politisi lesbi. Menyusul E. Denise Simmons yang kini menjabat sebagai wali kota Cambridge, Massachusetts, Sabtu (12/12) malam waktu setempat (kemarin WIB), penduduk Houston di Texas memilih Annise Parker sebagai wali kota.

Politikus 53 tahun itu menjadi wali kota lesbian pertama di kota terbesar keempat Amerika Serikat (AS) tersebut setelah memenangkan babak run-off. Dengan perolehan 81.652 suara atau sekitar 53,6 persen, Parker unggul atas pesaingnya, Gene Locke. Mantan jaksa pemerintah kota (pemkot) yang rekan Parker di Partai Demokrat itu memperoleh sekitar 47 persen dukungan alias 11.000 suara.

"(Hasil) pemilihan ini telah mengubah (pandangan) dunia terhadap kaum gay, lesbian, biseksual dan transgender. Juga mengubah seluruh warga Houston menjadi masyarakat yang lebih baik," tandasnya seperti dilansir Associated Press kemarin (13/12). Dalam rangkaian kampanyenya, Parker banyak mendapatkan bantuan dana dari organisasi-organisasi gay dan lesbian di seluruh dunia.

Begitu mendengar kemenangan Parker Sabtu malam lalu, dengan besar hati, Locke mengucapkan selamat. Tokoh 62 tahun itu juga mengimbau seluruh warga kota bersatu. "Persatuan. Itulah yang dibutuhkan kota kita saat ini. Kita harus siap bahu-membahu dan dipulihkan, untuk bisa bergerak maju di bawah pemerintahan yang baru," papar Locke di hadapan para pendukungnya.

Setelah resmi terpilih sebagai wali kota, rencananya Parker akan dilantik pada 2 Januari mendatang. Dia akan menggantikan Bill White yang sudah menjabat tiga kali berturut-turut dengan total masa pemerintahan enam tahun. Agence France-Presse melaporkan bahwa pejabat 55 tahun yang juga berasal dari Partai Demokrat itu akan menjajal peruntungannya di ajang pemilihan gubernur (pilgub).

Sejak mulai menapaki karir politiknya, Parker tidak pernah menyembunyikan orientasi seksualnya sebagai lesbian. Perempuan yang hidup dengan Kathy Hubbard mulai 1990an itu punya dua anak adopsi. Kehidupan pribadi Parker yang berbeda dengan masyarakat kebanyakan itu juga sempat dijadikan senjata kandidat wali kota lain dalam pemilihan babak pertama pada 3 November lalu.

Namun, tingkat penerimaan masyarakat AS yang terus meningkat terhadap kehadiran pemimpin liyan membuat jalan Parker menuju kemenangan tak terbendung. Sebelumnya, Cambridge juga sudah memilih Simmons yang juga lesbi sebagai wali kota. Sementara, Kota Portland di Oregon dan Kota Providence di Rhode Island menempatkan politikus gay sebagai kepala pemerintahan

Frofil Lengkap Sang Walikota Lesbian
Annise Parker