Ayam Berkaki Tiga di Bantul

Ayam Berkaki Tiga di Bantul, Warga di Dusun Jeruklegi, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam kurun waktu sepekan ini dihebohkan dengan adanya ayam berkaki tiga yang dipelihara oleh Wasidi (48), warga setempat.

Ayam petelur berkaki tiga ini dia beli dari pasar Giwangan, Yogyakarta. Awalnya Wasidi berniat memotong ayam itu untuk campuran soto yang biasa dia jual setiap hari. Namun saat mengetahui keanehan pada kaki ayam tersebut, Wasidi mengurungkan niatnya. “Dua minggu yang lalu saya beli tiga ayam petelur untuk bahan soto ayam. Saat salah satu ekor ayam ditimbang, ternyata terdapat kaki di bagian ekor ayam itu,”

Meski berkaki tiga, satu kaki tambahan di dekat ekor ayam itu tidak berfungsi layaknya dua kaki yang lainnya. Namun jika dipegang, kaki ketiga ayam itu keras dan terdapat empat cakar diujung kakinya.

“Kaki ke tiga yang ada di bagian ekor ayam tampak lemah dan tidak ada fungsinya, namun bentuk kakinya mirip kedua kaki yang fungsinya untuk berjalan itu,” tuturnya.
Sebelum mendapatkan ayam kaki tiga itu, Wasidi mengaku sempat bermimpi memperoleh banyak ikan hasil pancingannya.

“Mimpi saya hanya mancing dan mendapatkan ikan besar-besar. Saat pergi ke pasar justru dapat ayam berkaki tiga. Sepertinya ayam ini sudah enggak bisa bertelur lagi, tapi mau saya potong kayaknya sudah alot makanya saya pelihara saja,” pungkas Wasidi