Jadilah Sang Inisiator Bisnis Bukan Pengikut

Pakar Bisnis Online Jadilah Sang Inisiator Bisnis Bukan Pengikut ; Peluang wirausaha terbuka lebar asalkan pebisnis jeli mencermati peluang. Hanya saja, pebisnis pemula kerapkali tergiur dengan bisnis yang sudah eksis, populer dan dilihat banyak orang lebih menguntungkan. Akhirnya pemula bersaing dengan pebisnis lama, dan usahanya pun tak berusia panjang.

Peluang bisnis yang bagus adalah yang tidak dilihat oleh orang lain. Ketika suatu bisnis diberitakan bagus, maka jangan lakukan bisnis yang sama

menjalankan bisnis yang sama hanya akan menjadikan produk sebagai komoditi. Kemudian yang akan terjadi adalah persaingan harga.

Jika semua orang melihat peluang yang sama, lalu memutuskan menjalankan usaha yang sama maka akan terjadi over supply, Jika terjadi over supply, pebisnis akan bermain harga dan akibatnya harga jatuh.

pebisnis perlu mencari diferensiasi untuk menangkap peluang bisnis yang bagus. Caranya, pebisnis perlu jeli melihat masalah. Pebisnis perlu memiliki multi perspektif. Meyakini bahwa di mana ada problem pasti ada solusi.

sebuah masalah bisa melahirkan ide peluang bisnis. Artinya, bisnis yang dikelola menjadi solusi dari masalah. Dengan cara ini, pebisnis bukan lagi menjadi follower. Pebisnis perlu menggali masalah, mencipta trensetter bisnis baru, sebagai solusi dari masalah tersebut