Kiat Sukses Berbisnis Lewat Situs Lelang dan Jual Beli

Pakar Bisnis Online Kiat Sukses Berbisnis Lewat Situs Lelang dan Jual Beli : Eko Susanto (Ekobiofir) - Balikpapan. Begitulah sederet testimoni yang dirilis oleh situs lelang KrazyMarket. Di situs yang berkonsentrasi pada lelang dan jual beli berbagai barang yang unik dan jarang ditemukan di pasar biasa ini, sejumlah orang merasakan keberhasilan berbisnis.

Bagaimana tidak? Hanya berhadapan di depan komputer yang tersambung ke internet dan bergabung dengan situs tersebut, pembeli langsung bisa melakukan transaksi bila sekiranya tertarik dengan barang yang ditawarkan. Tak hanya itu, kemudahan dan keamanan – yang biasanya menjadi kendala bagi sebuah situs yang menjadi wahana transaksi virtual- telah dipikirkan sejak awal sehingga penjual dan pembeli barang-barang online bisa merasakan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Situs lelang dan jual beli online seperti yang digagas KrazyMarket ini terbilang menarik. Tagline sejak awal yang memfokuskan diri pada barang-barang unik –meskipun barang biasa seperti mobil, - tetap ada dalam daftar penjualan, namun diferensiasi tersebut membawa KrazyMarket menjadi salah satu situs lelang online terkemuka di Tanah Air.

Dengan kategorisasi barang hingga puluhan jenis mulai dari mainan, barang antik, mobil, kamera lomo, rokok cerutu, helikopter remote, saksofon, hingga peralatan olahraga, situs tentu akan memanjakan para pebisnis online yang ingin melebarkan sayap pemasarannya lewat jaringan online. Setiap orang bisa bergabung dengan mudah dan gratis dengan hanya menyertakan alamat email saja. Penjual dan pembeli harus membuka akun agar komunikasi bisa terjalin bila mereka kemudian saling tertarik untuk membeli atau menjual barang.

KrazyMarket menawarkan banyak cara berkomunikasi, tawar menawar, atau transaksi antara penjual dan pembeli. Setiap orang bisa bergabung dengan mudah dan gratis dengan hanya menyertakan alamat email saja. Penjual dan pembeli harus membuka akun agar komunikasi bisa terjalin bila mereka kemudian saling tertarik untuk membeli atau menjual barang.

Bagi Anda yang pebisnis dan memiliki banyak produk yang ditawarkan, layanan akun Gold bisa menjadi pilihan. Dengan akun Gold ini selain menambah performa bisnis karena kepercayaan konsumen meningkat, juga item yang ditawarkan bisa lebih banyak. Selain itu bila seorang pebisnis memiliki banyak produk, seolah akan bisa membuat toko virtual sendiri.

Sementara di sisi transaksi, yang biasanya kerap dikhawatirkan dalam bisnis online, KrazyMarket menawarkan dua cara yakni melalui layanan escrow ShopSafe yakni KrazyMarket akan mengumpulkan dan menahan pembayaran sampai pembeli konfirmasi telah menerima barang yang telah dibeli. Pembayaran langsung diberikan kepada penjual begitu ada konfirmasi dari pembeli barang. Cara ini jauh lebih aman ketimbang transaksi langsung antara pembeli dan penjual, meskipun cara langsung ini juga dimungkinkan oleh KrazyMarket.

Berkaca dari eBay

Kesuksesan situs lelang dan jual beli online memang tidak bisa dilepaskan dari eBay. Situs yang didirikan oleh Pierre Omidyar pada 1995 ini telah berhasil menancapkan kuku sebagai situs yang menjembatani penjual dan pembeli barang dan jasa di seluruh dunia. Dunia internet yang dalam istilah Thomas L. Friedman mampu mengubah dunia menjadi datar (world is flat) mampu menjungkirbalikkan asumsi bisnis konvensional yang harus melibatkan secara fisik antara pembeli dan penjual. Di tangan situs tersebut, penjual barang yang berada entah di mana bisa menjual barang ke pembeli yang berada di belahan dunia lainnya. Tentu, kemudahan bertransaksinya tidak kemudian semudah membalikkan tangan, karena butuh trust (kepercayaan) dari pembeli dan penjual memanfaatkan sarana pembayaran yang difasilitas oleh situs tersebut.

Dalam buku the eBay Billionares' Club karya Amy Joyner (2007), ia menyebut bahwa ada beberapa kunci bagi para penjual bisa memanfaatkan situs lelang dan jual beli. Kunci itu di antaranya adalah bagaimana strategi memulai bisnis dengan bergabung ke situs lelang dan jual beli. Kunci yang lain adalah manajemen stok, pengiriman yang harus efisien, mengatasi pembeli dari mancanegara, mengatur karyawan, menarik minat dari peserta di situs lelang, dan memanfaatkan trafik situs lelang dan jual beli untuk membangun web site korporat sendiri.

Selain kunci tersebut dalam pengamatan Amy, ada 12 langkah yang dilalui oleh seorang yang ingin mencapai kesuksesan berbisnis lewat situs lelang dan jual beli. 12 langkah tersebut yakni :

1. Memulai sebagai konsumen. Biasanya sebuah perusahaan ketika pertama kali melebarkan kaki pemasaran lewat jaringan virtual akan melalui tahap ini, sehingga Anda bisa merasakan bagaimana mengawali menjadi konsumen.

2. Mendaftar diri sebagai anggota.

3. Tentukan barang yang akan dijual. Untuk mengecek pasar, bisa lakukan lelang produk tertentu dengan harga yang menarik.

4. Gunakan kamera digital. Ini penting karena barang yang dijual di situs lelang dan jual beli praktis butuh gambar. Anda bisa menggunakan kamera digital ponsel atau menggunakan kamera digital profesional.

5. Riset opsi penjualan.

6. Pilih kategori yang sesuai.

7. Tulis judul yang menarik perhatian pembeli atau pengunjung situs.

8. Tulis deskripsi dari barang yang Anda jual.

9. Tepat menentukan harga.

10. Pastikan periode waktu (time period) penjualan.

11. Tentukan model pembayaran.

12. Posting barang yang Anda lelang di situs tersebut.

Salah satu kisah penjual yang sukses berdagang di situs lelang dan jual beli online adalah David Yaskulka yang memasarkan produk-produk merchandise. Awalnya bisnis ini hanya sebagai sampingan yang bisa ia dan istrinya kerjakan dari rumah. Pengalaman David sebagai pemimpin organisasi nirlaba ternyata telah membawa sebuah diferensiasi pada produk yang dijualnya. Produk di bawah payung Blueberry Boutique dipasarkan dengan asumsi keuntungan yang didapatkan beberapa persennya akan disumbangkan ke yayasan sosial. Inilah yang kemudian membawa kisah sukses Blueberry Boutique yang akhirnya kemudian diakuisisi oleh jaringan toko berlian terkemuka Amerika Serikat, Harris Michael.

Menurut Amy Joyner, kunci David membesarkan Blueberry Boutique tidak sekadar berhasil memasarkan tapi lebih dari itu ia berhasil membuat pembedaan dari para pesaingnya sehingga produknya bisa diterima.

Last but not least, keberhasilan perusahaan melakukan pemasaran di internet kini makin terbuka saja. Di Indonesia contohnya, kini sambungan internet broadband makin mudah dan murah. Ini artinya peluang dari sisi ketersambungan ke internet semakin besar. Konsumen dan penjual online pun akan semakin banyak. Apalagi bila penjual online berhasil menerapkan prinsip-prinsip digital marketing misalnya memanfaatkan situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, atau menggunakan kampanye viral marketing untuk menyukseskan program penjualan sebuah produk.

Tapi, persoalan mendasar bagi pebisnis online di Tanah Air adalah soal pembayaran transaksi. Nah untuk masalah ini, selayaknya masyarakat berkaca pada situs jual beli dan lelang online yang sudah menyediakan layanan pembayaran yang aman seperti yang ditawarkan oleh KrazyMarket. Meskipun transaksi dan tawar menawar di internet terbilang mudah, tentu Anda ibarat pepatah tak mau membeli kucing dalam karung, bukan? Alih-alih mau untung karena dapat barang dengan harga sesuai kantong, malah buntung yang didapat karena ditipu gara-gara Anda tidak melihat situs tersebut bisa dipercaya. Kalau terjadi begitu, berabe bukan?

10 Strategi Sukses Berbisnis di Situs Jual Beli dan Lelang Online

1. Pilih model bisnis yang paling sesuai dan paling baik

2. Perlakukan bisnis ini seperti bisnis biasa. Misalnya harus ada rencana bisnis (business plan) yang jelas dan komprehensif.

3. Harus selalu responsif baik terhadap konsumen maupun lingkungan bisnis

4. Jual apa yang Anda ketahui dengan baik.

5. Ukuran bisnis

6. Eksplorasi semua format penjualan

7. Lakukan riset pasar

8. Lakukan automatisasi

9. Fokus untuk membangun nama merek (brand name)

10. Menyediakan layanan yang superior.
(sumber Media indonesia)