Gerhana Bulan Rayakan Tahun Baru

Gerhana Bulan Rayakan Tahun Baru, Pergantian tahun 2009 ke 2010 akan terlihat menarik. Pasalnya, fenomena alam gerhana bulan akan terjadi di malam pergantian tahun tersebut, yang juga bersamaan Bulan Purnama.

Anggota Kelompok Keahlian Astronomi ITB Moeji Raharto mengatakan, fenomena alam yang akan memeriahkan malam tahun baru tersebut adalah fenomena Gerhana Bulan sebagian.


"Diperkirakan gerhana akan terjadi sekitar pukul 01.53 WIB sampai dengan 2.53 WIB," kata Moeji saat dihubungi detikbandung, Selasa (29/12/2009).Ia mengatakan, femomena alam tersebut dapat disaksikan di seluruh Indonesia. "Bukan hanya di Indonesia, sebagian dunia juga dapat melihat gerhana tersebut," terangnya.

"Gerhana Bulan sebagian, tidak total," imbuhnya. Sedangkan Bulan Purnama muncul hampir bersamaan waktunya.Sementara itu, feomena gerhana bulan akan berakhir pada pukul 04.28 WIB. "Bulan meninggalkan fenombra pada pukul 04.28 WIB dan akan kembali ke kondisi awal," katanya.

Fenomena tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun, bagi para masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun di Pantai tetap harus waspada.

"Karena ada fenomena gerhana dan purnama maka akan menimbulkan gelombang pasang setinggi 1-3 meter. Tapi kalau untuk foto-foto di pantai tentu tidak terlalu berbahaya," imbau Moeji.