Pengumpul Gol Tercepat di Dunia

Pengumpul Gol Tercepat di Dunia Fernando Torres baru saja menorehkan namanya dengan tinta emas di buku sejarah Liverpool dengan golnya ke gawang Aston Villa. Pujian tinggi pun diberikan Steven Gerrard yang menyebut Torres penyerang terbaik di dunia. Laga Villa kontra Liverpool di Villa Park, Rabu (30-12) dini hari WIB, tampak sudah akan berakhir dengan skor imbang. Tapi pertandingan memang belum benar-benar tuntas sampai wasit meniup peluit panjang.

Pada menit ke-93, kesalahan lini belakang Villa membuat bola bergulir ke area pertahanan mereka. Torres dengan sigap mengejar bola dan mengirimnya melewati adangan kiper Brad Friedel yang coba menutup ruang. Si kulit bundar bersarang di tiang jauh, kedudukan pun berubah jadi 1-0 untuk Liverpool. Skor bertahan sampai akhir.

Gol Torres itu bukan saja menghadiahkan tiga poin berharga buat Si Merah yang sedang berupaya mengejar posisi empat klasemen akhir, tapi juga memberikan sebuah raihan istimewa buat sang penyerang asal Spanyol.

Dengan gol tadi, Torres resmi menjadi pemain tercepat Liverpool yang membuat 50 gol di liga. Torres hanya butuh 72 penampilan untuk melakukannya, lebih cepat dari penyerang legendaris Livepool lain macam Ian Rush (84 partai), Robbie Fowler (88 partai), dan Michael Owen (98 partai).

"Anda memang harus berusaha sampai (menit) akhir. Dan saat Anda memiliki pemain seperti dia (Torres) dalam tim, Anda tahu selalu ada peluang melakukannya," ujar Gerrard seperti dikutip Guardian. "Semua orang tahu saat dia sedang dalam performanya, dia adalah yang terbaik di dunia. Kami menginginkannya untuk banyak tahun ke depan. Kami butuh gol-golnya guna membawa kami ke posisi empat besar," ujar sang kapten Liverpool.

Manajer Liverpool Rafael Benitez juga melontarkan pujian kepada Torres meski tidak setinggi yang diberikan Gerrard. "Untuk saya, Anda tak bisa bilang 'Inilah pemain terbaik di dunia'. Dia adalah salah satu yang terbaik karena ada banyak pemain bagus di Eropa."

"Tapi saya adalah manajer yang sangat beruntung karena sudah punya sejumlah penyerang yang amat bagus dan Fernando adalah salah satunya. Saya pikir (pecahnya rekor) mengartikan kami sudah merekrut pemain yang sangat bagus dengan mentalitas dan kualitas baik," kata Benitez.

Pencapaian Torres ini sendiri boleh jadi akan kian mengesankan karena dicapai saat dia sedang tidak dalam kondisi terbaik. Sebelum kick-off Benitez mengaku pemainnya itu bermasalah dengan pergelangan kaki."Malam ini Anda bisa lihat itu adalah satu peluang dan dia bisa membuat gol," kata Benitez. n O-1

10 Pencetak 50 Gol Tercepat Liverpool
72 Fernando Torres
80 Sam Raybould
80 Albert Stubbins
81 Roger Hunt
82 Jack Parkinson
83 John Aldridge
84 Ian Rush
88 Robbie Fowler
90 Gordon Hodgson
98 Harry Chambers