Pasangan Homoseksual Menikah

Pasangan Homoseksual Menikah, Untuk kali pertama, satu pasangan homoseksual menikah secara legal di Amerika Latin, setelah Gubernur Ushuaia, provinsi di selatan Argentina mengabulkan permintaan mereka untuk menikah dan menjadi saksi sekaligus.

"Akhirnya kami menikah hari ini di Ushuaia," tutur Freyre Alex dengan gembira kepada saluran berita Todos Noticias di Buenos Aires melalui telepon.
"Ini adalah peristiwa bersejarah," kata Presiden Lembaga Nasional Anti-diskriminasi Claudio Morgano, yang menyaksikan perkawinan sipil tersebut.

Freyre (39) dan Jose Maria Di Bello (41), menikah secara resmi hari Selasa setelah Gubernur Rios Fabiana yang awalnya menolak untuk menikahkan pasangan ini akhirnya menerima. "Kami tahu gubernur adalah orang yang bersimpati dengan masalah ini," kata Di Bello. "Ini adalah langkah maju ke arah kesetaraan peradilan untuk setiap pria dan wanita" di Argentina.

Di Bello Freyre sebelumnya berencana menikah awal Desember setelah pengadilan pada 18 November lalu memutuskan memerintahkan para pejabat sipil di Buenos Aires untuk mengakui hak-hak mereka mereka. Sebuah upacara telah direncanakan untuk 2 Desember, tetapi pada malam pernikahan itu, hakim masih menunggu menunggu hasil banding Mahkamah Agung.

Pasangan itu akhirnya memutuskan untuk menikah di Usia, di mana mereka melakukan perjalanan baru-baru ini, bekerja untuk lembaga anti-diskriminasi.Saat ini, tidak ada negara di Amerika Latin yang mengakui pernikahan gay, namun di Buenos Aires, yang dikenal memilki gerakan gay yang aktif, mengakuinya dan menjadi kota pertama yang menyetujui hak serikat pekerja sipil pada tahun 2002.

Presiden terkemuka kelompok hak asasi gay nasional, Maria Rachid, baru-baru ini mengatakan ia berharap parlemen Argentina mengambil momentum pada 2010 untuk mengubah aturan sipil - yang saat ini mendefinisikan pernikahan sebagai antara seorang pria dan seorang wanita - menjadi berkumpulnya dari dua orang dewasa.

"Cukup ada konsensus untuk lulus secara hukum di awal tahun yang akan datang," katanya.