Robot Unik dari Ponsel bisa tertawa dan menangis

Ilmuwan asal Kanada berhasil merakit dua buah robot dari ponsel. Robot ini sangat unik, lucu dan menggemaskan. Sebab, tak hanya pintar menari, robot dari ponsel ini bahkan juga bisa tertawa dan menangis.

Cally dan Callo, demikian nama kedua robot tersebut. Cally memiliki tinggi badan tujuh inci, dia bisa berjalan, menari dan meniru perilaku manusia.


Saudara kembarnya, Callo, berbadan sedikit lebih tinggi yaitu sembilan inci. Wajahnya yang merupakan layar ponsel, bisa menampilkan ekspresi wajah sesuai dengan emosi dalam pesan pendek yang diterimanya.

Misalnya, ketika dia menerima pesan berisi emoticon tersenyum, Callo akan langsung berdiri dengan satu kaki, melambaikan tangannya dan tersenyum. Lucu bukan?

Adalah Ji-Dong Yim, seorang mahasiswa jenius di Simon Fraser University, Vancouver, Kanada, yang merakit Cally dan Callo. Dia menyebutkan, pada dasarnya Cally dan Callo merupakan sistem Avatar sederhana, yang bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

"Saat salah satu robot digerakkan, 'saudaranya' akan melakukan gerakan yang sama, begitu juga sebaliknya," kata Yim, seperti dari detikINET, Senin (10/5/2010).
Cally dan Callo yang dirakit dari ponsel Nokia N82 ini, masih punya keistimewaan lainnya. Keduanya dapat mendeteksi wajah manusia menggunakan software OpenCV. Cally bahkan dapat menebak ekspresi wajah si penelepon saat menerima panggilan.

"Konsep yang sama dapat digunakan untuk membuat robot lainnya dapat berkomunikasi dengan manusia dan membangun keintiman dengan mereka," tandas Yim.