Daftar Pencarian Terpopuler di yahoo sepanjang tahun 2009

Daftar Pencarian Terpopuler di yahoo sepanjang tahun 2009 Dalam acara tahunan situs Yahoo membuat ulasan tahunan yang memperhitungkan miliaran pencarian di situsnya ke dalam sebuah daftar Yahoo! Year in Review. Dalam daftar tersebut Noordin M Top menduduki posisi paling atas di Indonesia.

"Ulasan tahunan yang memperhitungkan miliaran pencarian ini merupakan sebuah cara unik untuk mengetahui minat orang-orang serta mengidentifikasi bagaimana mereka menggunakan kecanggihan sebuah situs dalam mencari informasi dan juga berita-berita teraktual," ujar Senior Communications Manager Southeast Asia, Peter Joblin, sore ini.

Menurut Joblin, di tahun 2009, teknologi situs merupakan satu bagian penting dalam sebuah siklus berita di mana banyak orang membuka situs untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai beragam topik, mulai dari berita ekonomi sampai dengan gosip lokal.

"Hal-hal yang diminati oleh banyak orang Indonesia di tahun ini meliputi berita selebriti, olahraga, politisi dan juga kejadian-kejadian lokal yang mengguncang negara," papar Joblin.

Dalam keterangannya, Joblin menyertakan daftar tersebut sebagai berikut,

Pencarian paling diminati di Indonesia sepanjang tahun 2009:
1. Noordin M Top
2. Flu Babi
3. Gempa Sumatera Barat
4. Kiamat 2012
5. Gempa Bumi
6. Komisi Pemilihan Umum (KPU)
7. Ketika Cinta Bertasbih
8. Gerhana Matahari
9. Ponari
10. Ambalat

Pencarian tim sepak bola paling diminati di Indonesia meliputi,
1. Manchester United
2. Barcelona FC
3. Real Madrid
4. Arsenal
5. Chelsea
6. Liverpool
7. Juventus
8. Inter Milan
9. AC Milan
10. Manchester City

Selain itu, Yahoo! Search Indonesia juga mengklasifikasikan pencarian di ponsel melalui Yahoo! Mobile, dengan jumlah pencarian data diklaim mencapai dua kali lipat dibanding pencarian melalui desktop. Menurut Joblin, berita olah raga dan selebriti menempati posisi atas dalam daftar pencarian data melalui ponsel. Berikut datanya,

1. Premier League
2. Sarah Azhari
3. Bumi Resource
4. Angelina Jolie
5. Sandra Dewi
6. Michael Jackson
7. Agnes Monica
8. Manohara
9. Sepak Bola
10. Luna Maya

Dalam penyusunan Yahoo! Year in Review, editor Yahoo! Indonesia menganalisa data pencarian berdasarkan beberapa faktor termasuk angka absolut volume dan angka pertumbuhan berbanding dengan angka di periode sebelumnya, untuk melihat tema-tema dan tren-tren yang muncul di permukaan. Masing-masing pengguna dan juga data pencarian mereka akan tetap anonim