foto hitam putih berharga Rp 47 juta.

Tujuh foto hitam putih personel The Beatles bakal dilelang Selasa lusa. Menurut pihak penyelenggara lelang, Cameo Auctioneers di London, Inggris, baru-baru ini, foto-foto tersebut juga disertai tanda tangan personel The Beatles pada sebuah buku catatan. Diperkirakan, foto ini bakal terjual sekitar 2.000-3.000 poundsterling atau sekitar Rp 47 juta.

Seperti dilaporkan Reuters, foto tersebut diambil oleh Gwyn Blanchard di hari terakhir pengambilan gambar film Help! pada 1965. Blanchard, yang saat itu berusia 13 tahun, mendatangi lokasi syuting. Sesampainya di lokasi, Blanchard kemudian memotret John Lennon dan kawan-kawan saat beristirahat di tengah kesibukan pengambilan gambar. "Saya cuma menggunakan kamera kecil plastik Kodak hitam. Saya berada tak jauh (dari personel The Beatles)," ujar Blanchard.

Sebelum hari itu, ia bersama teman-temannya menghampiri dan menunggu di lokasi syuting film dengan susah payah sambil diguyur hujan. Bahkan niatnya mendapatkan tanda tangan personel band yang melegenda itu sempat tak kesampaian karena pulpen yang dipakai tidak nyata. Beberapa hari kemudian, Blanchard baru kembali ke tempat syuting sambil membawa kamera foto.