Ponsel Masa Depan dilengkapi Teknologi Pembaca Bibir

Ponsel Masa Depan dilengkapi Teknologi Pembaca Bibir, Ponsel masa depan mungkin dilengkapi teknologi pembaca bibir yang memungkinkan penggunanya berbicara tanpa bersuara. Hal tersebut terungkap dalam pameran teknologi tahunan Cebit di Hannover, Jerman yang berlangsung 2-6 Maret 2010.

Teknologi seperti ini akan sangat membantu pengguna yang selama ini terpaksa harus menutup mulutnya dengan tangan atau berbisik-bisik saat menelepon di tengah keramaian. Apalagi teknologi tersebut sangat manusiawi, di mana pengguna tak perlu mengubah kebiasaannya ngomong karena bibir tetap komat-kamit.

Prototipe teknologi pembaca bibir itu dipamerkan Professor Tanja Schlutz dari Karlshure Institute of Technology. Menurutnya, ia terinspirasi untuk mengembangkan teknologi tersebut karena merasa terganggu suara orang yang menelepon saat berada di kereta api.

"Saya sedang di kereta api dan orang yang duduk di samping saya terus-terusan nerocos ngomong dan saya pikir saya harus mengubahnya," ujarnya seperti dilansir situs Telegraph. Maka di labnya, Profesor Schlutz memilih mengembangkan dengan teknologi electomyography yang sering dipakai untuk mengetes kerusakan saraf dengan enam elektroda yang ditempel di muka.

Alat tersebut mengenali sinyal getaran yang lemah yang dihasilkan otot-otot muka yang bergerak saat seseorang berbicara. Sinyal-sinyal tersebut kemudian diproses dan diidentifikasi. Tanpa mengeluarkan suara pun, alat yang dikembangkan Schlutz bisa membaca kalimat.

Profesor Schlutz mengatakan teknologi tersebut belum siap dikomersilkan. Pihaknya mungkin akan menggandeng vendor ponsel untuk membenamkannya di perangkat masa depan.