Kambing Bermuka Dua di Purbalingga

Kambing Bermuka Dua di Purbalingga , Ungkapan bermuka dua tak selamanya bermakna kiasan untuk menyampaikan pesan bagi seseorang yang tak memiliki pendirian. Di Desa Limbangan, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, muka dua itu benar-benar ada. Memang bukan pada manusia, tetapi pada anak kambing yang baru dilahirkan sepekan.

Keunikan kambing ini mengundang perhatian masyarakat setempat. Layaknya tontonan, setiap pengunjung yang ingin menyaksikan kambing bermuka dua ini pun dikenai tarif Rp 1.000. Agar pengunjung mau tetap membayar, kandang kambing itu pun ditutupi dengan kain sehingga tampak eksklusif.

Salah seorang penjaga yang mengawasi pengunjung akan menunjukkan keanehan kambing itu. Jika tak diperhatikan dengan saksama, hanya akan tampak muka kambing dengan tiga mata dan tanpa hidung dengan mulut yang lebar.

Karena mulutnya yang cukup lebar itu, anak kambing berbulu coklat muda ini kesulitan untuk menyusu secara langsung pada puting induknya. Oleh karena itu, warga setempat membantu memberinya susu dengan botol.

Jika diperhatikan secara keseluruhan, barulah tampak anak kambing itu bermuka dua. Karena bermuka dua itulah, hidung yang seharusnya berada di bagian tengah muka tak tampak, melainkan berada di pipi kanan dan kirinya.

Begitu juga mulutnya. Karena bermuka dua, kedua mulutnya pun menyatu sehingga kambing ini mulutnya cukup lebar atau tidak lazim seperti kambing pada umumnya. Lidahnya juga bercabang dua, mengikuti tampilan wajahnya yang bermuka dua.

Menurut pemiliknya, Samiarto (40), keanehan pada kambing ternaknya ini tak pernah dia sangka sebelumnya. Pekerjaan Samiarto sebagai penjaga ternak ayam pada salah satu peternakan ayam di desanya memberikan penghasilan yang sangat terbatas. Oleh karena itu, untuk membiayai pendidikan sekolah ketiga anaknya, Samiarto pun beternak kambing. ”Syukur ini malah diberi rezeki kambing wajahnya aneh sehingga bisa menambah pendapatan,” kata Samiarto

Kambing Bermuka Dua Bermata tiga di Purbalingga