Search Engine Optimization Tool

Search Engine Optimization Tool merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkkan trafik pengujunng berikut beberapa tool yang bisa anda gunakan :

Keyword Density Checker
Tools SEO ini saya gunakan untuk melihat berapa prosentase keywords yang muncul dari setiap halaman. Untuk prakteknya, saya membatasi density maksimal sebesar 10%, sementara untuk ukuran normal, hanya berkisar 6%-7%.


SEO Browser
SEO Tools ini lebih sering saya gunakan saat ingin meredesign sebuah theme supaya lebih SEO friendly terhadap Google Bot. Sementara untuk keperluan lain, saya jarang menggunakan tools ini.

Code To Text Ratio

Tools SEO milik SeoChat ini lebih sering saya gunakan ketika akan mengikuti kontes, yakni untuk melihat perbandingan antara berat artikel terhadap jumlah berat dari keseluruhan halaman.

Backlink Checker

Tools SEO ini di pakai untuk melihat jumlah backlink yang telah dikumpulkan. Selain itu, bisa juga di gunakan sebagai alat untuk memata-matai kompetitor lain. Detailnya silahkan di explore sendiri.

Google Adwords Keyword Tool

Berguna untuk melakukan check keywords atau kata-kata kunci dengan memperhatikan kompetitor, jumlah pencarian pada bulan sebelumnya, rata-rata jumlah pencarian, dan sugesti terhadap alternatif kata kunci lain yang masih berkaitan. Pastikan pencarian keyword dilakukan paling awal, sebelum kamu membuat suatu blog. Jika kamu telah membuat suatu blog dengan menggunakan kategori tertentu (ex : Tips SEO), maka tidak ada salahnya melihat pula distribusi keywords di tool ini. Carilah kata atau frase kata yang berhubungan dengan kata kunci "Tips SEO" dan mempunyai kompetitor yang tidak terlalu banyak, tapi tidak pula terlalu sedikit (antara 3000 - 5000).

Apabila terlalu banyak, kemungkinan peluang blog kamu terindeks oleh search engine pada halaman 1 - 5 dalam daftar pencarian sangat kecil. Apabila terlalu sedikit, malah membuat blog kamu tidak akan ada pengunjung karena hampir tidak ada yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang telah kamu masukkan.

Keyword Rank Checker Tool

Berguna untuk melakukan tracking cek terhadap peringkat suatu kata atau frase dari keyword. Tool ini akan menampilkan posisi blog kamu dalam daftar google search engine dan berusaha melakukan perbandingan dengan URL para kompetitor lain.