Penyebab Kematian Tertinggi

Penyebab kematian tertinggi di Dunia adlah seks yang tidak aman, seperti yang dilansir situs berita Reuters, Selasa (27/10).Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, menyatakan kematian dini dapat dicegah dengan menghambat lima faktor yang memegang peranan penting. Jika kelima faktro tersebut dapat dicegah, angka harapan hidup dapat meningkat hingga 5 tahun. Kelima faktor tersebut adalah

Seks Yang Tidak Aman,
Alkohol,
Kekurangan Gizi,
Sanitasi Buruk,
Dan Tekanan Darah Tinggi.

Kelimanya dianggap sebagai penyebab sekitar 60 juta kematian dini di seluruh dunia. Di antara kelima faktor tersebut, masalah kekurangan gizi menjadi risiko terbesar negara-negara miskin. Meski demikian, laporan yang dikeluarkannya lembaga berbasis di Jenewa itu juga menyebutkan risiko yang dihadapi sejumlah negara-negara kaya, seperti, kegemukan dan rokok. Bahkan masalah-masalah tersebut kini juga banyak menghinggapi negara-negara miskin dan berkembang.






"Negara-negara miskin masih menghadapi masalah beban kemiskinan, kekurangan gizi, seks yang tak aman, dan sanitasi buruk. Sementara itu faktor seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, kegemukan dan kurang olah raga adalah penyebab meningkatnya proporsi penyakit," demikian laporan WHO. Laporan WHO juga menyertakan sejumlah daftar yang dianggap memiliki risiko kematian terbesar di dunia antara lain, tekanan darah tinggi yang bertanggung jawab terhadap 13 persen kematian di dunia secara global, diikuti tembakau sekitar 9 persen, glukosa darah yang tinggi sebesar 6 persen, kurang olah raga dan kegemukan masing-masing 5 persen.