Nekad Difoto Bugil Demi Populartitas

Nekad Difoto Bugil Demi Populartitas, Polisi Jepang sedang menyelidiki seorang fotografer selebriti, Kishin Shinoyama (69), yang telah melakukan pelanggaran terhadap etika kesopanan setelah mengambil gambar model telanjang di depan umum dengan lokasi di sekitar Tokyo. Demikian dikatakan polisi, Senin (25/1).

Pihak Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo telah mengirimkan kasus tersebut kepada jaksa yang akan memutuskan apakah Shinoyama bersalah atau tidak. Shinoyama dikenal sebagai fotografer yang memiliki koleksi hasil foto-foto telanjang aktris terkenal, seperti Rie Miyazawa dan Otake Shinobu. Polisi menuduh bahwa Shinoyama, bersama dua model telanjangnya, beraksi dengan atraktif sehingga mengganggu masyarakat umum.

Ia sengaja melakukan sesi pemotretan bugil selama puluhan kali di sekitar Tokyo pada tahun 2008, termasuk di jalan-jalan, di kaki jembatan, dan di depan sebuah mesin penjual otomatis.

Wanita, yang diidentifikasi sebagai aktris film dewasa serta berusia 22 dan 26 tahun itu telah mempertunjukkan pose yang dianggap melanggar etika kesopanan. ”Sangat vulgar, tidak sopan, dan dalam situasi bisa ditonton masyarakat segala usia,” kata juru bicara polisi Tokyo.

Hal ini sama hebohnya ketika Kishin Shinoyama merilis buku artis-artis telanjang yang berjudul No Nude by Kishin 1 20XX Tokyo. ”Hampir semua berisikan foto telanjang yang diambil antara pukul 08.30 dan 03.15 pada bulan Agustus dan September 2008. Polisi menggerebek studionya tahun lalu, setelah buku itu diterbitkan,” kata polisi.

Hukuman maksimum untuk perbuatan tidak sopan di depan publik ini adalah enam bulan penjara atau 300.000 yen (3.300 dolar AS). Pihak Shinoyama mengatakan, Shinoyama tidak akan memberikan komentar selama penyelidikan.

Namun, kantor berita Jiji Press sempat mengutip komentar Shinoyama saat melapor ke polisi. ”Saya ingin membuat karya monumental, merayakan 50 tahun sejak saya mulai mengambil gambar. Namun, hal ini kurang pertimbangan,” kata Shinoyama.