Sawo dan Srikaya Raksasa

Taman Wisata Mekarsari telah membudidayakan sawo raksasa ini sejak tahun 1997. Setalah sepuluh tahun dibudidayakan, pada tahun 2007 ketiga pohon sawo raksasa koleksi Mekarsari tersebut mulai berbuah. Untuk menikmati legitnya sawo raksasa ini tenyata dibutuhkan kesabaran. Pasalnya, perlu menunggu selama sembilan bulan mulai dari pentil hingga buah masak.

Setelah dipetik, sawo ini masih harus melalui proses pemeraman selama tiga hari agar dapat dikonsumsi. Margianasari menambahkan keunggulan sawo ini adalah rasanya yang cukup manis dan memiliki daging buah yang tebal.

Di Meksiko sendiri, buah sawo raksasa tersebut diakui Margianasari memiliki ukuran yang sama dengan yang dimiliki Mekarsari. Namun, lain halnya untuk Srikaya Malinau. Srikaya Malinau yang berbuah di Mekarsari memiliki ukuran yang besar.




"Dari jenisnya srikaya ini memang potensial memiliki buah yang besar jika dilakukan dengan budidaya yang baik. Hal itu bisa diusahakan dengan cara pemupukan yang benar dan mengurangi jumlah bakal buah di pohon, sehingga penyerapan makanan ke buah lebih kaya," "Rasanya manis dan daging buahnya tebal. Cocok sebagai sumber energi bagi yang mengonsumsinya," tambahnya.

Sama halnya dengan sawo raksasa, Srikaya Malinau juga memiliki daging buah yang tebal. Dibandingkan srikaya biasanya, Srikaya Malinau memiliki biji buah relatif lebih sedikit bahkan strukturnya lebih mirip buah sirsak. Bedanya srikaya ini memiliki daging buah yang halus tanpa serat, sedikit berair, dan rasanya yang manis.

Kedua bibit tanaman langka tersebut saat ini telah dikembangkan oleh Taman Wisata Mekarsari. Jika induknya merupakan hasil tanam dengan biji, maka bibit kedua tanaman langka yang dikembangkan adalah hasil cangkokan dan sambung pucuk.

Nah bagi Anda yang penasaran melihat, buktikan sendiri dengan mengunjungi Taman Wisata Mekarsari. Rencananya 18 Desember 2009 mendatang Taman Wisata Mekarsari juga akan membuat pameran hasil tanaman eksplorasi. Di sini pengunjung bahkan boleh langsung mencicipi dengan membeli buah langka tersebut.

Bagi pecinta buah bersiaplah untuk datang ke Mekarsari. Pada bulan yang sama Mekarsari juga akan mengadakan pesta panen buah. Penggunjung bisa menikmati hasil panen buah berupa durian, rambutan, manggis, dan lengkeng. Asal tahu aja, sedikitnya delapan jenis durian dari 18 jenis durian koleksi Taman Wisata Mekarsari bisa anda nikmati. Menariknya jenis-jenis durian andalan Mekarsari seperti Durian Matahari, Montong, Sukarno, dan Tembaga bisa anda cicipi sepuasnya. sumber