Pohon Pisang Berdaun Lonceng

Pohon Pisang Berdaun Lonceng, Pohon pisang aneh ini tumbuh subur di depan gedung UD Agrina di Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapsel. Dari tandan buahnya keluar daun-daun berbentuk lonceng. Kata warga, keanehan pohon pisang ini terjadi setelah ditampar hantu. Bah!

“Pohon pisang ini tidak ada yang menanam tapi tumbuh dengan sendirinya. Diduga bibitnya dibawa burung dan jatuh tepat di depan gedung ini lalu tumbuh subur berdampingan dengan tiga pohon pepaya,” kata manajer UD Agrina pabrik pengalengan salak, Gulma Mendrofa, Jumat (22/1).


Diterangkan Gulma Mandrofa, umur pohon pisang itu sekitar setahun. “Seharusnya berbuah normal. Tapi aneh, meskipun berbuah, namun bentuknya unik dan tidak seperti buah pisang biasa,” ujarnya.

Diceritakan Gulma lagi, karena unik dan aneh itulah warga setempat menamakan pohon pisang ini ‘sitappar begu’ atau pohon pisang yang ditampar hantu. Menariknya lagi, pohon pisang selalu mempunyai tunas. Namun pohon pisang ‘sitappar begu’ ini tidak memiliki tunas.

“Sudah sekitar dua bulan ini bentuk buahnya seperti itu. Saya juga heran kenapa bisa begitu bentuknya. Tinggi pohonnya sekitar tiga meter. Biasanya pohon pisang berbuah setelah umurnya sekitar satu tahun,” kata Gulma.

Begitupun, sejak pohon pisang ini tumbuh, tak ada keganjilan atau keanehan yang pernah disaksikan karyawan UD Agrina ataupun warga.

“Kalau di sini namanya pisang sitappar begu. Saya sendiri belum pernah melihat pohon pisang seperti ini sebelumnya,” ujarnya sembari menyatakan tak punya niat menebang pohon pisang ini.

Sementara salah seorang warga, M Rambe juga mengaku keheranan melihat pohon pisang ini. “Saya juga belum pernah melihat pohon pisang yang buahnya seperti itu. Ini benar-benar unik,” pungkasnya.