Alasan Penangkapan Susno Duadji oleh Propam Mabes Polri

Alasan Penangkapan Susno Duadji oleh Propam Mabes Polri ; Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang memastikan alasan penangkapan Komjen Susno Duadji di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Senin (12/4/2010) sore.

"Susno mau pergi ke luar negeri tanpa izin atasan. Seharusnya dia melapor meskipun berobat harus izin atasan. Kalau di sana terjadi apa-apa bagaimana?" ujar Edward Aritonang saat dihubungi Kompas.com melalui telepon.

Penangkapan Susno mengejutkan banyak pihak karena dilakukan tak lama setelah ia mengungkap informasi yang mengarah terjadinya kegiatan makelar kasus selama ini di Mabes Polri. Susno mengungkap hal tersebut di depan Komisi III DPR RI, minggu lalu. Senin pagi tadi, Susno juga bertemu Satgas Pemberantasan Mafia Hukum untuk kedua kalinya untuk melaporkan informasi terkait kasus Gayus Tambunan dan penangkaran ikan arwana.

Susno Ditangkap Karena ke Singapura Tanpa Izin Kapolri
Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Mabes Polri menangkap mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komjen Pol Susno Duadji karena diduga akan pergi ke Singapura tanpa izin pimpinan.

Seorang perwira menengah Propam Mabes Polri mengatakan hal itu di Jakarta Senin sore menjawab soal alasan penangkapan Susno.Susno saat ini telah berada di gedung Divpropam Polri untuk menjalani pemeriksaan setelah ditangkap di Bandara Soekarno Hatta beberapa saat yang lalu.

Sementara itu Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta Pane membenarkan bahwa Susno hendak pergi ke Singapura untuk tujuan berobat. Menurut Pane, dirinya bertemu Susno Minggu (11/4) saat berada dalam sebuah forum dialog di Jakarta. Ketika itu Susno menurut Pane terlihat tidak enak badan. "Kemarin dia batuk-batuk dan sepertinya kelelahan," katanya.