Bahas Kondisi minyak dan gas di Tanah Air Rapat Menko Bubar

Bahas Kondisi minyak dan gas di Tanah Air Rapat Menko Bubar, Rapat koordinasi menteri-menteri bidang ekonomi di kantor menko perekonomian bubar pukul 19.00 WIB. Rapat yang membicarakan tentang kondisi minyak dan gas di Tanah Air ini tidak menghasilkan kesepakatan utuh.

Rapat diikuti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh, Menteri BUMN Mustafa Abubakar, Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Dirjen Migas Evita Legowo.

Rapat dimulai sejak pukul 17.00 WIB dipimpin langsung oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Sayangnya, begitu bubar, para menteri yang ditanya tentang nasib neraca gas nasional yang defisit saat ini lebih memilih tutup mulut.

Rapat tentang apa pak? "Nanti Pak Menko yang bicara," kata MS Hidayat. .

Menteri BUMN Mustafa Abubakar yang ditanya hal serupa juga hanya menjawab "Kita sudah janji, Pak Menko Perekonomian yang akan memberi penjelasan," kata dia.

Namun, beberapa saat kemudian ketika Menko Perekonomian Hatta Rajasa turun, penjelasan yang diberikan pun tidak memuaskan. Ketika ditanya bagaimana hasil rapat, dia hanya mengatakan,"Pokoknya catatan rapat hari ini, kita sudah mendapatkan solusi. Besok rapat akan dilanjutkan lagi."

Karena tetap dikejar pertanyaan, Hatta lalu menjelaskan tentang nasib pasokan gas nasional yang defisit hingga 300 mmscfd. Namun, dia mengaku saat ini sudah mendapat solusi.

"Sudah ada tambahan 50 mmscfd dari lapangan Singa di Sumatera Selatan, itu dulu. Besok rapat lagi," ujar Hatta.