Kontroversi Pencalonan Julia Perez di Pemilukada Pacitan

Kontroversi Pencalonan Julia Perez di Pemilukada Pacitan ; Kontroversi Julia Perez mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, berlanjut di jaringan pertemanan Facebook. Banyak yang menolak, namun banyak pula yang mendukung.

Jika Anda mengetik kata "Julia Perez, Pacitan" di pencarian Facebook, akan muncul 15 grup soal itu dan satu halaman. Satu halaman tersebut berjudul "1 Jt Facebookers Tolak Julia Perez Mencalonkan Diri Sebagai Bupati Pacitan" dengan anggota 1 penggemar.
Untuk grup, sampai Kamis 1 April 2010 pukul 08.00, tercatat muncul delapan grup yang menolak pencalonan Julia Perez. Salah satu grup terbesar adalah "Tolak Julia Perez sebagai Calon Bupati Pacitan" dengan jumlah anggota 241 orang. Grup lainnya, tidak ada yang menembus angka 100 anggota dan bahkan dua grup beranggota 1 orang saja sehingga total kurang dari 500 orang.

Sementara grup yang mendukung pencalonan, hanya berjumlah enam grup. Meski enam, terdapat dua grup yang beranggota lebih dari 100 orang, yakni grup "1.000.000 Facebooker Dukung Julia Perez Calon Bupati Pacitan" dengan anggota 222 anggota dan grup "Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Julia Perez Calon Bupati Pacitan" dengan anggota 174 orang. Total gerakan mendukung ini memiliki lebih dari 500 pendukung.

Meski begitu, terdapat satu grup yang bernuansa netral yakni "Pantaskah Julia Perez mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati Pacitan." Grup ini diisi 12 anggota. Julia Perez mengklaim didukung 8 partai politik dalam Pemilihan Kepala Daerah Pacitan. Salah satu partai pendukung, Partai Hati Nurani Rakyat, menyatakan, Julia Perez baru sebatas usulan karena bercermin dari elektabilitas yang tinggi. Hanura menyatakan akan mengusung Jupe sebagai calon Wakil Bupati Pacitan mendampingi calon Bupati yang merupakan kader Hanura.

Salah satu partai lain yang diklaim Jupe yakni Partai Amanat Nasional membantah telah mendukung Jupe. Dewan Pimpinan Pusat PAN menyatakan ada oknum di Dewan Pimpinan Daerah PAN yang mengatasnamakan partai tanpa melalui rapat pleno untuk memberi dukungan kepada Jupe