Kronologi Andris Tampil Sebagai Markus di TVOne

Kronologi Andris Tampil Sebagai Markus di TVOne ; Andris Ronaldi tak tahu jika dirinya bakal menjadi narasumber sebagai markus di Mabes Polri saat tampil di TVOne 18 Maret lalu. Semula Andris diminta menjadi narasumber mengenai Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI).

Dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Jumat (9/4/2010), Andris menjelaskan kronologi dirinya tampil di acara Apa Kabar Indonesia Pagi yang dipandu Indy Rahmawati. Pada 17 Maret 2010, Andris mengaku dihubungi Indy. "Dia menghubungi saya sekitar pukul 23.00 WIB," cerita Andris.

Pada saat itu, Indy meminta dirinya tampil sebagai narasumber mengenai PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia). Namun Andris sempat menolaknya. "Saya katakan, saya bukan pemilik PJTKI, tapi saya punya rekan yang menangani bidang itu. Kemudian saya hubungi rekan saya sekitar pukul 23.30 malam untuk membantu angkat topik tersebut," papar pria yang sudah ditetapkan sebagai tersangka ini.

Pagi harinya, lanjut ayah 2 anak itu, dia kembali dihubungi Indy sekitar pukul 05.30 sampai 06.30 WIB untuk segera hadir ke Wisma Nusantara di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat. Acara Apa Kabar Indonesia Pagi mengambil lokasi syuting di tempat tersebut.

Andris kemudian segera menuju Wisma Nusantara menggunakan motornya. Setiba di sana, Andris langsung dimasukkan di studio yang lengkap dengan peralatannya. Saat di dalam studio itulah, Andris diberitahu hanya akan diambil suaranya saja tanpa ada pengambilan gambar wajahnya. "Di situ dikatakan saya dimintakan suara saja tanpa wajah saya," akunya.

Merasa masih kebingungan, Andris mencoba bertanya dan kemudian mendapat jawaban dirinya berperan sebagai markus. "Saya sempet bertanya ini tentang apa? Dijawab kita bicara mengenai markus," terang Andris mengulang kejadian saat itu.

Acara pun berjalan. Saat break pertama, dia baru tahu ada narasumber lain di tempat yang berbeda yaitu Denny Indrayana dari Satgas Pemberantasan Mafia Hukum.

"Saya baru mengerti, temanya keluar. Ada di BBM saya, kalau Indy minta narasumber PJTKI. Tetapi, mereka memberikan saya tentang markus dan berusaha meyakinkan saya bahwa di tubuh Polri ada markus. Saat break, saya bicara. Saya tidak pernah bicara atau pun punya rekan jenderal atau pamen. Indy bilang, bicara saja," beber Andris.

Saat break kedua, Andris diajak masuk ke materi tentang ruang sebelah Kapolri yang terdapat ada ruangan markus untuk membagi uang. "Saya bilang, nggak ngerti. Kata Indy, bilang saja ada," cerita Andris.

Andris ditangkap oleh Mabes Polri pada Rabu 7 April 2010 lalu. Andris ditangkap karena dituding melakukan kebohongan dengan mengaku sebagai makelar kasus selama 12 tahun di Mabes Polri pada acara di Kabar Pagi Indonesia Pagi TVOne. Andris kini sudah ditetapkan sebagai tersangka http://www.detiknews.com/read/2010/04/09/143918/1335349/10/kronologi-andris-tampil-sebagai-markus-di-tvone