Langkah Memulai Bisnis Online

Langkah Memulai Bisnis Online, ada berbagai cara memulai bisnis online. Cara bisnis ini tergantung dari seni masing-masing. Artinya cara bisnis seseorang belum tentu sama dengan orang lain. Namun walaupun berbeda cara penerapan bisnis terutama cara berbisnis online, ada baiknya kita mengetahui cara-cara atau langkah-langkah dasar dalam memulai bisnis. Perlu saya sampaikan bahwa cara berbisnis khususnya bisnis online ini memerlukan mindset yang pantang menyerah, fokus dan Harus Praktek, Praktek, Praktek.

Berikut ini garis besar cara memulai bisnis online yang perlu Anda praktekkan:

* Tentukan ide atau topik bisnis online yang akan dibuat
* Lakukan riset
* Siapkan konten
* Beli nama domain
* Sewa hosting
* Buat web atau blog
* Cari program afiliasi yang sesuai dengan bisnis anda
* Promosikan web blog Anda
* Nikmati Hasilannya
* Lakukan evaluasi

Langkah Pertama,
Tentukan ide atau topik bisnis yang akan dibangun. Ini penting karena untuk memulai bisnis tentunya kita harus punya tema bisnis agar fokus. Coba buat beberapa alternatif tentang tema atau ide bisnis, misalnya ada lima tema yang akan kita bangun yaitu tentang telepon, golf, cooking, musik dan bayi. Dari lima ide tema ini, Anda harus menentukan mana yang paling Anda sukai dan kuasai materinya. Anggap saja kita menentukan tema tentang phone atau telepon, maka fokuslah dulu terhadap tema ini, jangan dulu memikirkan tema yang lain. Silahkan baca artikel tentang Cara Menentukan Tema Blog untuk lebih mendalaminya.
Langkah Kedua, Lakukan Riset terhadap tema yang anda pilih. Siapa target marketnya, bagaimana saingannya dan berapa banyak pencarinya. Ada beberapa software atau tools yang bisa kita gunakan untuk melakukan riset ini, baik yang berbayar maupun free alias gratis. Untuk lebih mengetahui informasi tentang cara riset ini silahkan baca di artikel tentang Cara Mudah Melakukan Riset Kata Kunci Blog.

Langkah Ketiga, Siapkan Konten. Kumpulkan konten berupa artikel, gambar ataupun video yang berkaitan atau sesuai dengan tema bisnis yang Anda bangun. Anda bisa membuat artikel sendiri atau mengambil artikel-artikel yang disediakan oleh web lain. Baca Cara Mudah Membuat dan Mencari Konten Weblog .

Langkah Keempat, Beli Nama Domain. Sebenarnya nama domain ini bisa kita dapatkan gratis di beberapa penyedia domain, namun alangkah baiknya kalau kita memiliki nama domain sendiri sesuai dengan target bisnis yang kita bidik dan tentunya agar mudah diingat. Silahkan baca artikel tentang Strategi Pemilihan Nama Domain untuk lebih mengetahuinya.

Langkah Kelima, Sewa Hosting. Ada banyak penyedia layanan hosting di Indonesia, harganya pun relatif murah. Hanya dengan biaya sewa sekitar Rp. 100 ribu pertahun Anda sudah bisa meng-onlinekan situs Anda.

Langkah Keenam, Buat Web atau Blog. Ada banyak cara untuk membuat web atau blog sendiri. Anda tidak perlu harus menguasai bahasa web program untuk membuat sebuah blog. Silahkan baca artikel tentang Cara Membuat Blog Wordpress atau Cara Mudah Membuat Blog Gratis.

Langkah Ketujuh, Cari Program Afiliasi yang Sesuai dengan Bisnis Anda. Setelah blog anda jadi, jangan lupa untuk mencari program afiliasi, karena disinilah salah satu sumber pendapatan yang saya sarankan. Bisa berupa Pay Per Click berupa tanyang iklan di blog Anda yang akan membayar Anda apabila iklan tersebut di klik oleh pengunjung, atau Pay Per Buy berupa penjualan langsung.

Langkah Kedepalan, Promosikan Blog Anda. Pekerjaan yang satu ini memang agak gampang-gampang susah. Harapan Kita membuat Web Blog tentunya agar banyak pengunjung yang datang ke situs kita. Promosi Blog disini bisa berupa optimalisasi mesin pencari atau promisi disitus-situs terkenal. Silahkan baca tentang Belajar SEO.

Langkah Kesembilan, Nikmati Hasilnya. Nah… ini langkah yang terindah.. bagaimana tidak kalau web blog yang kita bangun telah menghasilkan, berarti Anda sudah mempunyai bisnis sampingan yang memberikan pasive income. Guru saya Anne Ahira sudah mendapat milayaran rupiah dari Bisnis Online yang Beliau bangun. Silahkan lihat Profile Ahira

Langkah Kesepuluh, Lakukan Evaluasi. Seandainya bisnis yang Anda bangun belum menghasilkan uang atau belum menghasilkan secara maksimal, jangan patah semangat ada baiknya Anda melakukan evaluasi sehingga dapat diketahui dimana kekurangannya.

Rekan-rekan sekalian, Langkah-langkah diatas adalah cara bisnis online yang masih mendasar, namun inilah garis besarnya. Saya menyarankan Anda untuk Belajar Bisnis Online Mulai dari Nol setahap demi setahap secara detail sampai mahir, klik Belajar Bisnis untuk mengikuti tantangan menghasilkan 100 dollar perhari. Semoga Sukses.