Opera Mini for iPhone Akhirnya Disetujui Apple

Opera Mini for iPhone Akhirnya Disetujui Apple ; Apple akhirnya menyetujui Opera Mini for iPhone untuk dipajang di App Store. Sebelumnya, Opera sempat khawatir aplikasi tersebut tak diterima karena selama ini Apple melarang aplikasi browser atau aplikasi lain yang sudah tersedia secara default di iPhone dan iPod Touch.

Bahkan, sampai-sampai Opera membuat counter di situsnya untuk mencatat berapa lama Opera Mini akan disetujui Apple. Prototipe Opera Mini for iPhone diperkenalkan pertama kali saat Mobile World Congress 2010 di Barcelona, Spanyol dan didaftarkan ke App Store pada 23 Maret 2010.

Opera Mini akhirnya lolos saringan Apple pada 12 April 2010 setelah lebih dari 20 hari sejak didaftarkan. Selanjutnya aplikasi tersebut akan tersedia di App Store mulai hari ini dan bisa digunakan secara cuma-cuma.

Meski khawatir, jauh-jauh hari Opera optimistis Opera Mini for iPhone akan diterima Apple. Pasalnya, secara teknis aplikasi tersebut tidak melanggra SDK (software development kit) yang disediakan Apple. Saat digunakan untuk mengakses internet, Opera Mini tidak menjalankan prosesnya di perangkat iPhone melainkan memberikan perintah di server Opera.
Server Opera akan melakukan semua proses dan mengirimkan data yang diminta dengan kompresi dangat tinggi. Opera Mini diklaim mampu mengkompresi data hingga 90 persen sehingga menjanjikan penghematan biaya dan pengalaman akses internet yang lebih cepat kepada pengguna iPhone.