Penangkapan Susno Duadji

Penangkapan Susno Duadji, Komjen Pol Susno Duadji ditangkap Propam Mabes Polri di Bandara Terminal II D saat akan
hendak menuju ke Singapura. Penangkapan berjalan alot karena mantan Kabareskrim sempat menolak dibawa petugas.

Berdasarkan tayangan eksklusif di Metro TV, Senin (12/4/2010), terlihat ada beberapa polisi yang sudah menunggui Susno di ruang boarding. 4 Provost juga terlihat sudah menjagai Susno di luar pintu toilet. Kebetulan saat itu Susno yang terlihat memakai jaket Coklat, kemeja dan topi hitam memang sedang berada di dalam toilet.

Sempat terjadi perdebatan antara Susno dan anggota Provost yang akan menangkapnya. Susno terlihat tidak terima dengan tindakan yang dialaminya. "Tidak seperti ini," kata Susno seperti yang ada di dalam tayangan Metro TV.

Perdebatan itu bahkan cukup berlangsung lama. Susno yang berusaha mencoba untuk naik tangga juga tidak diperbolehkan. Sekitar 3 Provost langsung mencegah dan memasang badan untuk menghadang langkah Susno. Dalam proses penangkapan ini, beberapa polisi terlihat ada di sekitar ruangan. Susno kemudian dibawa ke Gedung TNCC Mabes Polri sekitar pukul 18.30 WIB. Belum ada keterangan resmi dari Mabes Polri soal penangkapan terhadap Jendral bintang tiga itu.

Detik-detik Penangkapan Susno Duadji

Sore ini, secara tiba-tiba anggota Propam dari mabes Polri berangkat ke bandara Soekarno Hatta. Tujuannya hanya satu, yaitu menangkap Komjen Susno Duadji, mantan Kabareskrim Mabes Polri yang hendak berangkat ke Singapura untuk suatu keperluan.

Pada saat penangkapan itu terjadi, Mahendro Wisnu, salah seorang reporter Metro TV, berada di tempat yang sama. Si wartawan juga hendak berangkat ke Singapura, tapi kemudian batal berangkat karena kamera yang ia pegang harus terus fokus menyorot wajah Susno saat ‘dijemput’ anggota baret biru.


Suasana penangkapan jenderal bintang tiga ini sangat alot. Seperti terekam oleh kamera Metro TV, terjadi dialog panjang antara Susno dan tiga orang petugas Propam. Tidak jelas apa yang dibicarakan, karena suasana bising. Kamera handycam yang dipegang sang kameraman tidak mampu menangkap dialog yang terjadi di bawah sana, persisnya di mulut jalan menuju toilet.

Setelah dialog itu, Susno berusaha melepaskan diri dari kepungan tiga orang petugas di depannya. Tapi dengan sigap, petugas tersebut menghambat gerakan Susno, sampai akhirnya Susno menyerah dan dibawa ke kantor Polres Bandara Soekarno Hatta.

Beberapa saat kemudian, petinggi Polri yang membeberkan kasus markus di lingkungan Direktorat Pajak ini dibawa ke Mabes Polri.

tag ; Video Penangkapan Susno Duadji