Sri Mulyani Indrawati Naikan Tarif Dasar Listrik Naik 15 Persen

Sri Mulyani Indrawati Naikan Tarif Dasar Listrik Naik 15 Persen, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kenaikan tarif dasar listrik dapat dilakukan pada Juli ataupun awal semester kedua 2010. "TDL naik sebesar 15 persen per juli 2010," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam keterangan persnya, soal RAPBN P 2010, di Kantornya, Senin (8/3) petang. Selain TDL, kenaikan juga dapat dilakukan pada pupuk pada April mendatang.

Menurut Menkeu, tidak dinaikannya TDL pada semester pertama ini melihat proses recovery yang masih berlangsung. Karena itu, adalah tugas pemerintah bagaimana bisa tetap mengorganisasikan seluruh aspek yang ada untuk menjaga kemampuan daya beli masyarakat. "Intinya adalah bagaimana kita mampu menjaga moment pertumbuhan yang ada," ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementrian Keuangan Anggito Abimanyu menambahkan kenaikan harga TDL itu merupakan rata-rata secara keseluruhan dari semua golongan. Meski demikian bukan berarti otomatis golongan yang rendah juga akan naik. "Kita akan mencoba lindungi mereka yang tidak mampu," ucapnya.

Adapun soal pemulihan masalah listrik hingga kini terus dilakukan. Itulah mengapa, kata dia, pemerintah kemarin menaikan margin PLN tersebut. Penambahan margin PLN dilakukan dari sebelumnya 5 persen menjadi 8 persen. "Masalah listrik trafo sekarang sudah tidak ada gangguan. Margin dinaikan dari 5 persen ke 8 persen supaya bisa melakukan refinancing peminjaman," ucapnya.

Ketika ditanya apakah kemampuan penambahan Subsidi listrik sebesar Rp 16,5 triliun hanya mampu untuk enam bulan, anggito belum mau menegaskan soal itu. "Bukan demikian, jangan seperit itu," kata Anggito.