Syahril Djohan Di Periksa Mabes Polri

Syahril Djohan Di Periksa Mabes Polri ; Syahril Djohan, mantan diplomat dan staf ahli Jaksa Agung di era kepemimpinan Marzuki Darusman Selasa (13/04) mendatangi Markas Besar Kepolisian Indonesia.

Syahril Djohan
atau SJ disebut oleh anggota DPR Komisi III sebagai tokoh makelar kasus di Mabes Polri, setelah Komjen Susno Duadji dalam keterangan di DPR menyebut keberadaan Mr X.

Oleh Susno, Mr X ini memiliki peran sebagai makelar kasus yang jauh lebih berpengaruh dari Gayus Tambunan. Oleh sebagian kalangan di DPR, sebutan Mr X belakangan disebut sebagai Syahril Djohan dan polisi mengatakan memeriksanya sebagai saksi terkait penyebutan namanya dalam pertemuan tersebut.

Menurut Wakil Kepala Divisi Humas Mabes Polri Zaenuri Lubis, pemeriksaan terhadap Syahril Djohan dilakukan oleh tim independen yang dibentuk polisi untuk mengungkap kasus mafia hukum di lembaga tersebut. "Kesaksian itu berupa kesaksian umum, belum mengarah ke sesuatu, berkaitan dengan keterangan-keterangan yang kita dengar di Komisi III. Juga situasi apakah kenal dengan Pak Susno karena informasinya kan kenal."

Dalam pemeriksaan lanjutan nantinya tidak menutup kemungkinan keterangan Syahril akan dikonfrontir dengan Komjen Susno Duadji. "Tentunya kalau ada perbedaan hasil pemeriksan, konfrontir itu akan selalu dilaksanakan." Zaenuri Lubis menambahkan pemeriksaan terhadap Syahril Djohan kemungkinan akan dilanjutkan Rabu (14/04).

Wartawan BBC Indonesia Andreas Nugroho melaporkan polisi mengatakan masih belum menemukan keterkaitan nama Syahril Djohan dengan kasus pajak Gayus Tambunan. Polisi juga masih menunggu keterangan dari Komjen Susno Duadji mengenai peran Syahril Djohan terhadap dugaan terjadinya praktek mafia kasus di lembaga tersebut.

Dalam pertemuan Susno Duadji dengan Komisi III DPR , Syahril juga disebut dekat dengan mantan Wakil Kepala kepolisian Indonesia, Makbul Padmanegara.Selain Kepolisian, Satuan Tugas Mafia Hukum -yang akan bertemu dengan Kapolri- juga berencana meminta keterangan Syahril Djohan.