Google Dituntut Novelis Cina

Google Dituntut Novelis Cina , Mian Mian, menuntut Google untuk membayar ganti rugi sebesar 61.000 yuan dan permintaan maaf, menyusul pemuatan salah satu karya Mian Mian, Asam House, ke perpustakaan onlinenya. Baru-baru ini, seperti dilansir BBC News, pengadilan di Beijing meminta sang novelis dan pihak Google membahas masalah itu.

Menurut pengacara Mian Mian, pengadilan tidak memberi batas waktu untuk penyelesaian masalah itu di luar pengadilan. Sementara pihak Google yang telah menghapus buku itu dari perpustakaan onlinenya tidak memberikan komentar apa pun.
Mian Mian dikenal sebagai novelis dengan gaya bahasa yang vulgar. Novelnya Panda Sex and Candy, misalnya, bercerita tentang kehidupan seks, narkoba, dan kehidupan malam, di Negeri Tirai Bambu itu. Sehingga banyak novelnya dilarang beredar di Cina.

Tuntutan menyangkut hak cipta terhadap Google, sebenarnya bukan hanya dilakukan Mian. Di Perancis, pengadilan juga memerintahkan Google untuk menghentikan publikasi buku Perancis yang dilakukan tanpa persetujuan penerbit. Google pun diperintahkan membayar denda sebesar 430 ribu dolar AS.

Bahkan di Amerika Serikat, Google pun harus membayar denda sebesar 125 juta dolar AS terhadap penulis dan penerbit di negara itu, juga terkait masalah hak cipta. Dan, sidang perkara tersebut sedang menunggu vonis hakim.