Kirim DATA pakai Burung Lebih Cepat Dari Pakai Internet

Hubungan dan kecepatan Internet di negara ekonomi terbesar di Afrika buruk akibat kekurangan andwidth. Harganya pun mahal. Kantor berita setempat, SAPA, melaporkan, burung dara yang berusia 11 bulan, Winston, memerlukan waktu satu jam delapan menit untuk terbang menempuh jarak 80 kilometer dari kantor TI Tanpa Batas di dekat Pietermaritzburg ke kota pantai Durban, dengan kartu data diikatkan di kakinya.

Sebuah perusahaan teknologi informasi (TI) Afrika Selatan, Rabu (10/9), membuktikan bahwa pengiriman data lebih cepat menggunakan burung dara ketimbang memanfaatkan Telkom. Demikian penyedia layanan utama Internet di negeri itu.

Termasuk pengunduhan, pengiriman memerlukan waktu dua jam, enam menit dan 57 detik --waktu yang diperlukannya hanya untuk mengirim empat persen data dengan menggunakan saluran Telkom.

SAPA melaporkan perusahaan TI Tanpa Batas melakukan tindakan tersebut setelah frustrasi dengan lambatnya waktu pengiriman dengan menggunakan Internet.Perusahaan itu memiliki 11 pusat saluran di seluruh negeri tersebut dan secara ruting mengirim data ke semua cabangnya yang lain.





Telkom tak dapat dihubungi untuk dimintai keterangan.


Kecepatan Internet diperkirakan akan meningkat segera setelah kabel serat optik bawah laut sepanjang 17.000 kilometer yang menghubungkan Afrika Timur dan Selatan dengan jaringan lain dapat beroperasi sebelum negara Afrika Selatan menjadi tuan rumah Pertandingan Piala Dunia tahun depan.

Penyedia layanan setelah saat ini sedang merundingkan kesepakatan untuk memperoleh bandwidth yang lebih besar. Sumber