Misteri Aneh di Balik Lagu Bohemian Rhapsody

Siapa yang nggak kenal lagu Bohemian Rhapsody yang berasal dari album Queen yang berjudul A Night At The Opera. Lagu yang pernah dinobatkan sebagai Lagu Rock Epic Terbaik Sepanjang Masa ini diciptakan oleh Freddy Mercury vocalist kelompok Queen pada 1975.

Tapi tahukah anda, lagu ini disebut pengamat mengandung teka-teki yang sulit dipecahkan, khususnya dalam bagian operanya. Pada bait operanya Freddy mengunakan parade frase-frase sejarah aneh. Seperti kata-kata berbagai ‘mantra’ digunakannya seperti : Scaramouche, Galileo, Figaro, Mama Mia, dan Magnifico. Selai itu ada kata Beelzebub(setan) dan juga kata Bismilah. Freddy,





sang pencipta yang biasanya senang bercerita bagaimana proses kreatif atau inspirasi sebuah lagu ditulis, selalu mengelak apabila ditanya tentang bagaimana makna lagu ciptaannya atau bagaimana inspirasinya timbul. Kemisteriusan Bohemian Rhapsody menimbulkan banyak perbedaan pendapat mengenai maknanya. Salah satunya yang paling popular adalah bahwa Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan kenyataan atau ramalan kehidupan Freddy.

Bahwa “just killed a man” dalam lirik tersebut bisa diartikan bahwa dia membunuh dirinya sendiri. Ingat bahwa Freddy seorang homoseksual yang pada masa itu (era tahun 70-an) dapat dihukum mati, atau ramalan terhadap penyakitnya yang kelak menyebabkan kematian tragisnya. Tapi dia tidak ingin dikasihani (i need no sympathy). Di tengah kekalutan bayangan kematian, ia berharap pertolongan siapa pun agar diloloskan dari maut, dengan menyebut Bismillah sampai Beezelbub. Percaya atau tidak?