Pentingnya Ritual Agama untuk Anak

Pentingnya Ritual Agama untuk Anak, memperkenalkan Agama sejak dini kepada si kecil seperti aktivitas ritual keagamaan seperti shalat atau mengaji. Pasalnya, riset yang dilakukan peneliti di barat menunjukan aktivitas keagamaan berpengaruh terhadap kesehatan mental dan spriatual si kecil.

Steven Dowshen, seperti yang dikutip dari Kidshealth.com, kamis (7/1) menuliskan aktivitas ritual keagamaan dapat memberikan kesehatan mental dan spiritual melalui dua hal yakni dukungan tambahan dari kelompok keagamaan seperti misal dukungan dari kelompok pengajian, dan kedua meningkatkan kualitas kemampuan beragama si kecil kelak dikemudian hari.

Steven juga menuliskan, peran agama juga berdampak positif bagi remaja hingga orang tua yang sedang menjalani fase kehidupan yang menentukan. Berdasarkan riset yang dikutipnya, agama memiliki peran meminimaliasi kemungkinan terjadinya depresi dan penurunan kemampuan pada remaja. Rata-rata kematian akibat bunuh diri juga dimungkinkan karena peran agama.

"Khusus orang tua, aktivitas ritual keagamaan diyakini mampu menciptakan sistem kekebalan tubu semakin baik dan mereka dapat terhindar dari tekanan darah rendah," tulis Steven.

"Dan individu yang mengalami operasi akan menerima 3 kali lipat kekuatan dan kenyamanan dari aktivitas agama yang dilakukan ketimbang yang tidak menjalankan aktivitas ritual keagamaan," tambahnya.

Sementara itu, tutur Steven, aktivitas keagamaan juga diakui dunia medis mampu memperbaiki mental seseorang. Bahkan sebelumnya, sebuah riset mencatat individu yang aktivitas keagamaan meningkatkan harapan hidup dan optimisme melawan depresi.