Perampok sandra 40 warga

Sembilan perampok beraksi di Pekon Puramekar, Kecamatan Gedung Surian, Lampung Barat, Kamis (15-10), sekitar pukul 02.30, setelah melumpuhkan puluhan peronda. Pelaku juga sempat baku tembak dan menabrak mobil polisi yang mengejarnya.

Dari rumah Rusman, kepala Dusun Bungin yang juga ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia Lampung barat, pelaku membawa kabur uang tunai Rp80 jutaan yang terdiri atas uang alokasi dana desa, uang raskin, dan uang pribadi korban.


Pedagang pengumpul hasil bumi yang juga mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah Lampung Barat periode 1999--2004 itu juga kehilangan perhiasan emas 35 gram, lima unit telepon seluler, dan voucer pulsa dari warungnya senilai puluhan juta rupiah.

Pelaku sempat membawa mobil Toyota Kijang Innova silver BE-1788-CJ milik korban. Namun, mobil itu ditinggalkan dekat areal persawahan, sekitar 3 km dari tempat kejadian.





Sebelum beraksi, para pelaku melumpuhkan puluhan petugas ronda di lima pos di dusun tersebut. Para peronda diikat lalu digiring ke depan rumah korban.

Empat pelaku menjagai petugas ronda, pelaku lainnya mendobrak jendela depan. Lima orang masuk dan menodong Rusman yang terbangun karena mendengar suara dobrakan. Pelaku meminta korban menyerahkan uang hasil penjualan lada dan benda berharga lainnya.

Sementara anggota keluarga korban yang lainnya diminta menunduk dan tidak berulah. Seorang pelaku sempat menampar satu anggota keluarga Rusman karena melihat aksi para pelaku. Setelah mendapat barang jarahan, para pelaku kabur dengan mobil korban.