Alasan Kunjungan Obama Ditunda

Alasan Kunjungan Obama Ditunda, Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal mengaku telah memperoleh informasi mengenai alasan penundaan jadwal kunjungan Presiden Barack Obama ke Indonesia dan Australia sebelum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Australia dan Papua Niugini. Alasan utamanya terkait dengan situasi politik dalam negeri AS saat ini.

"Kami dapat informasi bahwa situasi politik sangat dinamis, terutama berkaitan RUU Kesehatan yang mencoba digolkan di parlemen di AS. Ini merupakan politik tinggi karena ini program politik Obama," tuturnya dalam keterangan pers di sela sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Senin (15/3/2010).

Menurut Dino, Obama dan partainya sangat mengharapkan RUU ini gol karena merupakan salah satu janji kampanye Obama waktu itu untuk puluhan juta warga AS yang belum memperoleh asuransi kesehatan. "Masih kurang lima votes untuk mengegolkan RUU itu. Dalam perkembangannya itulah, situasi politik di Washington menyebabkan penundaan (kedatangan Obama)," tambahnya.

Karena alasan ini, banyak pula senator yang mengusulkan Obama membatalkan seluruh kunjungannya. Namun, lanjut Dino, karena melihat hubungan dengan Indonesia sangat penting, kunjungan tetap dilakukan meski harus ditunda.
Sumber: Kompas.com