Antisipasi Pertumbuhan Komunikasi Data

Antisipasi Pertumbuhan Komunikasi Data ; SAAT ini, semua operator telekomunikasi berlomba-lomba memberikan layanan data bagi pelanggan di tengah tingginya permintaan. Divisi Telkom Flexi (DTF) yang menjelang akhir tahun lalu mengeluarkan program FlexiNet Unlimited makin agresif menambah pengguna layanan tersebut. Terutama pengguna awal internet dari segmen menengah ke bawah.

DTF dengan gencar menawarkan berbagai produk yang di-bundling dengan FlexiNet, baik ponsel modem Nokia 1508 maupun modem. Paling anyar, Flexi menggandeng pabrikan komputer untuk menjual modem plus kartu perdana Flexi. ''Kami menyadari bahwa kebutuhan masyarakat akan internet semakin tinggi. Karena itu, kami menyediakan produk yang sesuai dengan kemampuan peminatnya,'' kata Manager Sales Promotion Telkom Flexi area Jatim, Bali, dan Nusra, Sudarya kemarin (30/3) di sela-sela launching bundling FlexiNet-Modem Olive-Axioo di Sutos, Surabaya.

Sudarya memaparkan, pengguna mobile internet saat ini memang masih terkonsentrasi di kota-kota besar dan wilayah pariwisata, seperti Surabaya dan Bali. Meski demikian, ceruk pasarnya masih sangat luas. ''Kebutuhan masyarakat terhadap akses data membuat kami harus terus mencari pasar-pasar baru untuk dibidik dan mitra baru untuk kami ajak kerja sama.''

Memang ada segmen konsumen yang merasa bahwa harga ponsel modem merek global masih tinggi. Misalnya, harga satu unit Nokia 1508 plus kabel data untuk koneksi ke komputer bisa mencapai Rp 700 ribuan. ''Sementara dengan modem, harganya bisa di bawah Rp 500 ribuan per unit,'' imbuh dia.

Tahun ini, DTF menargetkan sejuta pengguna FlexiNet di Jatim, Bali, dan Nusra dari posisi saat ini 100 ribu pelanggan. Flexi mengklaim bahwa saat ini saat ini okupasi jaringan Flexi untuk penggunaan data masih 40 persen. ''Jadi, masih besar potensi untuk menambah pelanggan-pelanggan baru," tambahnya. Flexi juga akan menambah satu carrier baru yang menjamin kenyamanan pelanggan dalam berinternet. ''Dalam waktu dekat, jaringan kami siap mengoperasikan teknologi EVDO. Tinggal tunggu perizinan.''

FlexiNet Unlimited adalah layanan akses data Flexi melalui jaringan Telkom Flexi dengan penawaran tarif khusus berlangganan packet data network (PDN) secara harian, mingguan, dan bulanan dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Harga layanan itu mulai Rp 2.500 per hari hingga Rp 50 ribu per bulan. Layanan tersebut bisa digunakan di luar daerah asal dengan mengaktifkan fitur Combo. Saat ini, komposisi pelanggan FlexiNet sekitar 76 persen yang merupakan pengguna paket harian.

Dalam kerja sama dengan Axioo, Telkom memperkirakan bisa menjual hingga 4.500 paket bundling di wilayah Jatim, Bali, dan Nusra. Harga bundling Rp 4 jutaan hingga Rp 10 jutaan, bergantung pada tipe laptop Axioo yang dibeli. Dalam bundlig tersebut, pembeli juga mendapatkan modem merek Olive plus free unlimited access FlexiNet selama sebulan. Axioo juga menggaransi hingga tiga tahun.

''Bentuk bundling akan lebih mudah masuk ke pasar karena pengguna tidak repot mencari notebook-nya, juga modemnya," kata Lukas Djunanto, regional branch manager Jatim PT Teradata Indonusa, pemegang merek Axioo di Indonesia, pada kesempatan yang sama