MANAJEMEN BISNIS MANFAAT Corporate Social Responsibility (CSR)

MANAJEMEN BISNIS MANFAAT Corporate Social Responsibility (CSR): MANFAAT Corporate Social Responsibility (CSR) bisa dilihat dari dampak positif terhadap masyarakat dan perusahaan. Dampak positif program CSR bagi masyarakat adalah akan menjadikan masyarakat lebih sejahtera dan mandiri setelah adanya CSR.

Dalam jangka panjang, masyarakat kemudian diharapkan dapat melanjutkan secara mandiri program CSR tersebut.Sedangkan dampak positif program CSR bagi perusahaan, dapat dilihat dalam tulisan CSRnetwork dan Radley Yeldar, yaitu:
(1) Meningkatkan laba perusahaan.
(2) Memiliki akses kapital yang lebih baik.
Perusahaan yang melaksanakan program CSR secara baik dan benar akan memiliki keunggulan bersaing yang lebih baik, sehingga akan mempermudah baginya dalam melakukan akses ke kapital yang dibutuhkan bagi perkembangan perusahaan.
(3) Meningkatkan efisiensi operasional. Kegiatan seperti mendaur ulang limbah, atau menghasilkan green product akan menghemat biaya produksi atau meningkatkan efisiensi operasional.
(4) Meningkatkan imej dan reputasi perusahaan. Melaksanakan program CSR secara baik dan benar akan meningkatkan imej dan reputasi perusahaan di tengah masyarakat, dan hal ini sangat penting artinya bagi peningkatan keberhasilan bisnis.
(5) Meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Implementasi program CSR akan meningkatkan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya, sehingga berdampak positif bagi peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan serta produknya.
(6) Meningkatkan produktivitas dan kualitas. Rasa bangga karyawan pada perusahaan akan meningkatkan motivasi kerja sehingga produktivitas dan kualitas produk akan meningkat.
(7) Meningkatkan kemampuan untuk menarik dan mempertahankan karyawan. Implementasi program CSR yang memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat akan dapat membangun rasa bangga dan memiliki dari masyarakat pada umumnya dan karyawan pada khususnya. Akibatnya, perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan penarikan karyawan baru serta memberi rasa betah bagi karyawannya.
(8) Memperoleh insentif dari pemerintah. Pelaksanaan program CSR oleh perusahaan akan meringankan beban pemerintah, sehingga pemerintah seringkali memberi insentif-insentif khusus.
(9) Mengurangi risiko dan meningkatkan manajemen risiko. Dan
(10) Meningkatkan kemampuan menghadapi pesaing dan membuka pasar baru.
Program CSR yang berkelanjutan akan dapat menjadi keunggulan bersaing dan sangat membantu perusahaan dalam menembus pasar baru untuk meningkatkan market sharenya.